www.arifusan.esy.es. Powered by Blogger.

Wednesday 10 May 2017


1.1: KAIDAH PERTAMA
إِذَا حُرِّكَتْ يَاءٌ وَاوٌ بَعْدَ فَتْحَةٍ   فَاقْلِبْهُمَا أَلْفًا سَارَ خَافَ طَوُلَ
 “Ketika wawu dan ya’ berharokat,dan huruf yang jatuh sebelumnya juga berharokat fathah maka wawu dan ya’ tersebut harus dibalik menjadi alif seperti contohقَالَ
Syarat kaidah pertama:
1.     Huruf yang jatuh setelah wawu dan ya’ harus berharokat,ketika huruf tersebut terletak pada a’in kalimat.Maka lafad ini “ بَيَانٍ “ dan “  طَوِيْلٍ“ tidak bisa di i’lal karena huruf setelahnya berharokat sukun.
2.    Adanya wawu dan ya’ tidak disandingi dengan huruf alif dan ya’ yang di tasdid,ketika wawu dan ya’ berada pada lam fi’il.Maka contoh ini  دَعَوَارَمَيَاعَلَوِيٍ“tidak bisa di i’lal.
3.    Hendaknya wawu dan ya’ tidak berada pada a’in fi’il yang ikut wazan “ فَعِلَ “yang mu’tal lam.maka contoh ini “ هَوِيَ “ dan “ قَوِيَ “ tidak bisa di i’lal.
4.    Tidak berkumpul dua i’lal dalam satu kalimat.Maka contoh ini “ طَوَي “ dan “هَوَي“ tidak bisa di i’lal.
5.    Adanya wawu dan ya’ tidak berada pada a’in isim yang ikut pada wazan“ فَعَلاَنٍ “.Maka contoh ini “ سَيَلاَنٍ “ dan “ جَوَلانٍ “ tidak bisa di i’lal.
6.    Adanya wawu dan ya’ tidak berada pada a’in fi’il yang berupa sifat musabihat pada wazan “ أَََفْعَلَ “.Maka contoh ini “عَوِرَ{  أَعْوَرَ  } dan “   هَيِفَ{ أَهْيَفََ } tidak bisa di i’lal.
7.    Hendaknya wawu tersebut tidak bertempat pada a’in fi’il dalam wazan“  إِفْتَعَلَ “ yang menunjukkan ma’na musyarokah.Maka contoh ini “  إَجْتَوَرَ القَوْمُ“ tidak bisa di i’lal.
8.    Adanya wawu dan ya’ tidak bertempat pada a’in kalimat yang akhirnya berupa  ta’ ta’nis.Maka contoh ini “ صَوَنَةٍ “ dan “ بَيَعَةٍ “ tidak bisa di i’lal.
Pengi’lalan:
·         Lafad “ صَانَ “ berasal dari lafad“ صَوَنَ “mengikuti wazan “  فَعَلَ“ kemudian wawu dibalik menjadi alif karena wawu berharokat jatuh setelah fathah. Maka menjadi lafad         صَانَ “ .
·         Lafad “سَارَ “berasal dari lafad “سَيَرَ “ mengikuti wazan “  فَعَلَ“ kemudian ya’ dibalik menjadi alif karena ya’ berharokat jatuh setelah fathah.Maka menjadi lafad “ سَارَ َ “.
1.2: KAIDAH KEDUA
وَإِنْ جَأتَا مِنْ بَعْدِ حَرْفٍ مُسَكّنٍ   فَبِالنّقْلِ إعْلالٌ لِضَعفٍ تَكَمّلَ
Ketika wawu dan ya’ berharokat jatuh setelah huruf sohih yang berharokat sukun maka harokat wawu dan ya’ di pindah pada huruf sebelumnya,karena huruf sohih itu lebih. pantas untuk menyandang harokat dari pada huruf ilat/kuatnya huruf sohih menyandang harokat,seperti contoh  يَقُوْلُ “.
Pengecualian kaidah kedua:
1.     Fi’il yang menunjukkan ma’na ta’ajub seperti contoh “مَا اَقْوَمَ“ dan ”أَقْوِمْ بِهِ
2.    Fi’il yang mengikuti wazan “  أَفْعَلَ “ yang menunjukkan ma’na tafdhil seperti contoh “ هُوَ أَقْوَمُ مِنْهُ “ atau “ أَبْيَنَ “ atau berupa sifat musabihat contoh “  أَحْوَلُ, أبْيَضُ “ atau berupa isim “أسْودُ  
3.    Setiap lafad yang ikut pada wazan “ مِفْعَالٍ  مِفْعَلَةٍمِفْعَلٍ “ seperti contoh  مِكْيَالٍ “ dan “  مِرْوَحَةٍ
4.    Setiap lafad yang setelah wawu atau ya’ nya berupa huruf alif  contoh “ تِجْوَالٌ  تَهْيَامٌ
5.    Setiap lafad yang lam fi’ilnya bertasdid contoh “  إبْيَضَّ      إسْوَدَّ “.
6.    Setiap lafad yang lam fi’ilnya di i’lal.contoh “ أهْوَى أحْيَا“.
7.    Setiap lafad yang a’in fi’il pada fi’il madhinya tidak di i’lal                           contoh “ يَعْوَرُ ( عَوِرَ) “.
8.    Setiap lafad yang akhirnya berupa ta’ ta’nits contoh “  قَسْوَرَةٌ  “.
Pengi’lalan:
·         Lafad “ يَصُوْنُ “berasal dari lafad “ يَصْوُنُ “ yang mengikuti wazan “  يَفْعُلُ“ kemudian harokat wawu di pindah pada huruf sebelumnya karena lemahnya huruf ilat dan kuatnya huruf  sohih menyandang harokat.Maka menjadi lafad  يَصُوْنُ “.
·         Lafad “  يَسِيْرُ “berasal dari lafad “ يَسْيِرُ  “ yang mengikuti wazan “ يَفْعِلُ  “ kemudian harokat ya’ di pindah pada huruf sebelumnya karena lemahnya huruf ilat dan kuatnya huruf  sohih menyandang harokat.Maka menjadi lafad  يَسِيْرُ “.
1.3: KAIDAH KETIGA
وَإِنْ بَعْدَ أَلْفٍ زَائِدٍ جَاءَتَا مُجَا   وِرَ طَرْفٍ إِقْلِبْ هَمْزَةً ثُمَّ رَتِّلاَ
“Ketika wawu dan ya’ jatuh berada pada a’in fi’il dalam isim fa’il yang kedua wawu dan ya’ tersebut di i’lal dalam fi’ilnya maka wawu dan ya’ tersebut harus diganti menjadi hamzah.seperti contoh “  قَائِلٌ “ dan “  باَئِعٌ“ maka ketika wawu dan ya’ tersebut tidak di i’lal dalam kalimat fi’ilnya maka wawu dan ya’ itu tidak di i’lal pada isim fa’ilnya.contoh”  عَاوِرٌ  “dan “ مُعَاوِنٌ  “ berasal dari fi’il “ عَوِرَ“ dan “  عَاوَنَ “ .
Pengi’lalan:
·         Lafad “  قَائِلٌ “ berasal dari lafad “  قَاوِلٌ “ mengikutu wazan “ فَاعِلٌ “ kemudian wawu diganti dengan hamzah karena jatuh setelah alif ziadah {tambahan} yang berada pada a’in fi’il dalam isim fa’il yang di i’lal a’in fi’ilnya ketika dalam fi’ilnya.Maka lafad tersebut menjadi lafad “ قَائِلٌ “.
·         Lafad “ بَائِعٌ “ berasal dari lafad “ بَايِعٌ “ mengikutu wazan “ فََاعِلٌ “ kemudian ya’ diganti dengan hamzah karena dia jatuh setelah alif ziadah {tambahan} yang berada pada a’in fi’il dalam isim fa’il yang di i’lal a’in fi’ilnya ketika dalam fi’ilnya.Maka lafad tersebut menjadi lafad “ بَائِعٌ “.
# Kaidah tambahan #
“Ketika ada huruf mad tambahan yang jatuh pada No tiga dalam isim yang sohih akhir {Isim yang huruf akhirnya tidak berupa huruf ilat”alif,ya’ dan wawu} maka diganti menjadi hamzah ketika di mabnikan pada wazan “مَفَاعِلَ“.seperti contoh “ قَلاَئِدُ “ bentuk jama’ dari lafad “قِلادَةٍ “ dan “ عَجَائِزُ “ bentuk jama’ dari lafad “ عَجُوْزٌ“ dan “ صَحائِفُ“ bentuk jama’ dari lafad “ صَحِيْفَةٌ“.
Pengi’lalan:
·         Lafad “ قَلائِدُ “ berasal dari lafad “ قَلاَادُ “ mengikuti wazan “ فَعَاعِلُ “ kemudian alif diganti menjadi hamzah karena dia berupa huruf mad yang jatuh pada No tiga dan berupa huruf  tambahan dalam isim yang sohih akhir.Maka menjadi lafad “ قَلائِدُ “.
·         Lafad “ عَجَائِزُ “ berasal dari lafad “ عَجَاوِزُ “ mengikuti wazan “ فَعاَعِلُ “ kemudian wawu diganti menjadi hamzah karena dia berupa huruf mad yang jatuh pada No tiga dan berupa huruf  tambahan dalam isim yang sohih akhir,maka menjadi lafad “عَجَائِزُ “.
·         Lafad “ صَحائِفُ “ berasal dari lafad “ صَحَايِفُ “ mengikuti wazan “ فَعَائِلُ“ kemudian ya’ diganti menjadi hamzah karena dia berupa huruf mad yang jatuh pada No tiga dan berupa huruf  tambahan dalam isim yang sohih akhir,maka menjadi lafad “ صَحَائِفُ“.
# Ya’ yang terdapat pada lafad “ مَعَايِشَ “ dan “ مَشَايِخَ “ tidak di i’lal karena ya’ tersebut bukan huruf tambahan #
1.4: KAIDAH KEEMPAT
وَإَنْ جَاءَتَا مَضْمُوْمَتَيْنِ بِآخِرِ   فَلِلضَّمَّةِ إِحْذِفَنَّ كَي يَتَعَطَّلاَ
“Ketika adanya wawu dan ya’ jatuh berada pada akhir kalimat setelah huruf  yang berharokat baik adanya wawu dan ya’ tersebut berharokat domah ataupun kasroh maka harokat keduanya harus dibuang dikarenakan beratnya mengucapkan.Seperti contoh” يَغْزُو “ dan “ يَرْمِي“ yang berasal dari lafad “ يَغْزُوُ“ dan lafad “  يَرْمِيُ “.
Pengi’lalan:
        
·         Lafad “ يَغْزُو “ berasal dari lafad “  يَغْزُوُ “ mengikuti wazan “  يَفْعُلُ“ kemudian wawu disukunkan setelah membuang  harokatnya,karena beratnya harokat domah yang bertempat pada wawu tersebut maka menjadi lafad “ يَغْزُو“.     
·         Lafad “ يَرْمِي “ berasal dari lafad “ يَرْمِيُ “ mengikuti wazan “ يَفْعِلُ “ kemudian ya’ disukunkan setelah membuang  harokatnya,karena beratnya harokat domah yang bertempat pada wawu tersebut maka menjadi lafad “ يَرْمِي“. 
1.5: KAIDAH KELIMA
إِذَا الْتَقَى اُوْلاَهُمَا سَاكِنَةٌ بِكِلمَةٍ    فَاقْلِبِ الْوَا يَا وَأَذْغِمْ مُثَقَّلاَ
“Ketika wawu dan ya’ berkumpul dalam satu kalimat atau dalam dua kalimat yang seperti satu kalimat dan salah satu diantara wawu dan ya’ tersebut di dahului dengan sukun dengan huruf yang asli dan sukun yang asli dan tidak bisa di bedakan antara yang mendahului itu berupa wawu atau ya’ maka wawu itu di rubah menjadi ya’ kemudian ya’ yang pertama di idgomkan pada ya’ yang ke dua.seperti contoh “  مَقْضِيٌّسَيِّدٌ“ dan “مُعَلِّمِيَّ“.akan tetapi jika huruf yang mendahulu dari wawu dan ya’ tersebut merupakan huruf gantian dari huruf lain maka wawu tersebut tidak bisa di ganti menjadi ya” dan tidak bisa di idgomkan,seperti contoh “ دِوَانٌ“ yang aslinya adalah lafad “ دِوَّانٌ“.begitu juga ketika adanya sukun tersebut merupakan sukun yang baru seperti contoh “  قَوْيَ“ yang berasal dari lafad “  قَوِيَ “ yang di mukhofafkan,atau wawu dan ya’ tersebut berada dalam dua kalimat yang tidak seperti satu kalimat.contoh “  جَاءَ أَبُو يَزِيْدَ “.
Pengi’lalan:
·         Lafad “ مَقْضِيٌّ “berasal dari lafad “مَقْضُوْيٌ “ mengikuti wazan “ مَفْعُوْلٌ “ kemudian wawu di balik menjadi ya’ karena berkumpulnya wawu dan ya’ tersebut dalam satu kalimat yang salah satu dari keduanya di dahului dengan sukun maka menjadi lafad “مَقْضُيْيٌ “ kemudian ya’ yang pertama di idgomkan pada ya’ yang ke dua karena satu jenisnya huruf tersebut maka menjadi lafad “ مَقْضُيٌّ “ kemudian domahnya dhot diganti menjadi kasroh karena untuk memantasi huruf ya’ maka menjadi lafad “مَقْضِيٌّ
·         Lafad“سَيِّدٌ “berasal dari lafad “سَيْوِدٌ “ mengikuti wazan “فَيْعِلٌ “ kemudian wawu di balik menjadi ya’ karena berkumpulnya wawu dan ya’ tersebut dalam satu kalimat yang salah satu dari keduanya di dahului dengan sukun maka menjadi lafad “سَيْيِدٌ “ kemudian ya’ yang pertama di idgomkan pada ya’ yang ke dua karena satu jenisnya huruf tersebut maka menjadi lafad “ سَيِّدٌ “.
·         Lafad “مُعَلِّمِيَّ “ berasal dari lafad “مُعَلِّمُوْنَ لِي “ kemudian huruf lam dan nun di buang karena idofah kemudian menjadi lafad “ مُعَلِّمُوْيْ “ bertemulah dua sukun dengan tanpa adanya pemisah diantara keduanya dan tidak mungkin untuk membuang salah satu dari keduanya,yaitu sukunnya wawu dan ya’,kemudian huruf ya’ di harokati fathah karena untuk menolak bertemunya dua sukun maka menjadi lafad “مُعَلِّمُوْيَ “.kemudian wawu di balik menjadi ya’ karena berkumpulnya wawu dan ya’ dalam dua kalimat yang seperti satu kalimat maka menjadi lafad “مُعَلِّمُيْيَ “,kemudian ya’ yang pertama di idgomkan pada ya’ yang kedua karena satu jenisnya huruf tersebut maka menjadi lafad “ مُعَلِّمُيَّ “kemudian domahnya mim di ganti dengan kasroh karena untuk memantasi huruf ya’ maka menjadi lafad “مُعَلِّمِيَّ “.
# Dhomir dan sesuatu yang di sandarkan pada dhomir  tersebut itu seperti satu kalimat #
1.6: KAIDAH KEENAM
وَإِنْ قَبْلَ وَاوٍ رَبِعٍ لَيْسَ ضَمَّةً    فَمَا فَوْقَهُ فَاقْلِبْهْ بِاليَاءِ اَوَّلاَ
“Ketika wawu jatuh pada huruf yang ke empat atau lebih pada penghujung sebuah lafad yang sebelumnya tidak berupa harokat domah maka wawu tersebut di balik menjadi ya’. seperti contoh “ يَرْضَى “ dan “يَرْتَضِىْ “ yang asalnya “ يَرْضَوُُ “ dan “ يَرْتَضِوُُ “ .
Pengi’lalan:
·         Lafad “يَرْضَى “ berasal dari lafad “ يَرْضَوُ “ mengikuti wazan “ يَفْعَلُ “ kemudian wawu di balik menjadi ya’ karena wawu bertempat pada huruf yang ke empat pada penghujung sebuah lafad yang sebelumnya tidak berupa harokat domah maka menjadi lafad “ يَرْضَيُ “ kemudian ya’ di rubah menjadi alif karena ya’ tersebut berharokat dan huruf sebelumnya berharokat fathah maka menjadi lafad “ يَرْضَى “.
·         Lafad “ يَرْتَضِى “ berasal dari lafad “ يَرْتَضِوُ “ mengikuti wazan “ يَفْتَعِلُ “ wawu di balik menjadi ya’ karena wawu bertempat pada huruf yang ke lima pada penghujung sebuah lafad yang sebelumnya tidak berupa harokat domah maka menjadi lafad “يَرْتَضِيُ “ kemudian ya’ tersebut di sukunkan setelah membuang harokatnya karena beratnya harokat domah yang di sandang oleh wawu maka menjadi lafad “ يَرْتَضِى “.
1.7: KAIDAH KETUJUH
                                                               
وَإِنْ جَاءَ بَيْنَ الْفَتْحِ وَالْكَسْرِفَاحْذِفْهُ   مُجَاوِرَةً الْكَسْرِ نَحْوُ يَوْعِدُ جَلاَ
Ketika wawu jatuh berada diantara harokat fathah dan kasroh yang sebelumnya berupa huruf mudoro’ah {huruf yang berada pada permulaan fi’il mudori’ yaitu alif,nun,ya’ dan ta’} maka wawu tersebut dibuang seperti contoh “ يَعِدُ“ berasal dari lafad “يَوْعِدُ “.dan pembuangan wawu tersebut juga terjadi pada masdarnya ketika wawu tersebut diganti dengan huruf ta’ seperti contoh “ عِدَةٌ “ berasal dari lafad “ وِعْدٌ “,maka apabila wawu tersebut tidak diganti dengan ta’ maka wawu itu tidak di buang.
Pengi’lalan:
·         Lafad “ يَعِدُ “ berasal dari lafad “ يَوْعِدُ “ mengikuti wazan “يَفْعِلُ “kemudian wawu di buang karena jatuh berada di antara fathah dan kasroh yang sebelumnya berupa huruf mudoro’ah maka menjadi lafad “ يَعِدُ
·         Lafad “ عِدَة “ berasal dari lafad “وِعْدٌ “ mengikuti wazan “ فِعْلٌ “ kemudian wawu di buang karena ikut pada pembuangan wawu pada fi’il mudori’nya setelah mencabut dan memindahkannya pada huruf yang berada pada sebelumnya,kemudian wawu tersebut diganti menjadi ta’ pada akhir kalimatnya maka menjadi lafad “وِعْدٌ “.
# adapun lafad “ يَضَعُيَدَعُيَسَعُيَقَعُ “ dan lafad “ يَطَأُ “ dengan membuang wawu yang terletak diantara dua fathah itu dihukumi syad {keluar dari kaidah yang ada} #
       1.8: KAIDAH KEDELAPAN
مَتَى جَاءَ بَعْدَ اْلكَسْرِ فَى اسْمٍ وَفِعْلِهِ   كَغَازٍ رَضِيَفَا قْلِبْهُ يَا وَأصِّلا
                            
Ketika wawu berada pada akhir kalimat dan jatuh setelah kasroh baik dalam isim atau dalam fi’il maka wawu tersebut di balik menjadi ya’ seperti contoh “  غَازٍ“ dan “ رَضِيَ “ berasal dari lafad “ غَازِوٌ “ dan “ رَضِوَ “.begitu juga ketika wawu jatuh diantara kasroh dan alif dalam masdarnya yang di i’lal a’in fi’ilnya ,seperti contoh “ صِيَامٌ “ dan “ عِيَادَةٌ “ berasal dari lafad “ صِوَامٌ “ dan “عِوَادَةٌ
Pengi’lalan:
·         Lafad “ غَازٍ “ berasal dari lafad “ غَازِوٌ “ mengikuti wazan “ فَاعِلٌ “ kemudian wawu di balik menjadi ya’ karena wawu jatuh di akhir kalimat dan jatuh setelah kasroh maka menjadi lafad “  غَازِيٌ “ kemudian ya’ di sukunkan karena beratnya domah pada ya’.kemudian ya’ tersebut dibuang setelan huruf za’ di tanwinkan,karena bertemunya dua sukun yaitu tanwin dan ya’ maka menjadi lafad “ غَازٍ 
·         Lafad “  رَضِيَ “ berasal dari lafad “ رَضِوَ “ mengikuti wazan “ فَعِلَ “ wawu di balik menjadi ya’ karena jatuh pada akhir kalimat dan setelah kasroh maka menjadi lafad “ رَضِيَ
·         Lafad “ صِيَامٌ “ berasal dari lafad “صِوَامٌ “ mengikuti wazan “ فِعَالٌ “wawu di balik menjadi ya’ karena jatuh diantara harokat kasroh dan alif dalam masdar yang di i’lal a’in fi’ilnya maka menjadi lafad “  صِيَامٌ “.
# Lafad “  عِوَادٍ “ dan “ جِوَارٍ “ tidak bisa di i’lal karena pada fi’ilnya {عَاوَدَ  dan جَاوَرَ  } dia tidak di i’lal #
1.9: KAIDAH KESEMBILAN
وَتُحْذَفُ يَا وَاوٌ كَصُنْ لإلْتِقَاءِالسَّا   كِنَيْنِ مَقُوْلٌ بَعْدَ نَقْلٍ وَأَهْمِلاَ   
                  
 “Wawu dan ya’ yang berharokat sukun ketika keduanya bertemu dengan huruf yang sukun maka wawu dan ya’ tersebut dibuang karena untuk menolak bertemunya dua sukun dalam satu kalimat seperti contoh “  صُنْ بِعْ  مَقُوْلٌ “ dan “  مَبِيْعٌ“ yang berasal dari lafad “  اُصْوُنْإِبْيِعْ  مَقْوُوْلٌ “ dan “  مَبْيُوْعٌ “.
Hamzah wasol tidak di pasang pada lafad “  صُنْ “ dan “  بِعْ “ di karenakan adanya hamzah wasol itu  di datangkan untuk meyelamatkan permulaan lafadz dibaca sukun, sedangkan permulaan pada lafad “صُنْ“ dan “ بِعْ “ sudah berharokat setelah memindahkan harokat huruf yang ada setelahnya.
Pengi’lalan:
·         Lafad “ صُنْ “ berasal dari lafad “ أُصْوُنْ “ mengikuti wazan “ أُفْعُلْ “ harokat wawu dipindah pada huruf sebelumnya dikarenakan lemahnya huruf ilat dan kuatnya huruf sohih menyandang harokat maka menjadi lafad   أُصُوْنْ“,kemudian bertemu dua sukun dengan tanpa adanya pemisah diantara keduanya yaitu sukunnya wawu dan nun,kemudian wawu dibuang karena untuk menolak bertemunya dua sukun dalam satu kalimat maka menjadi lafad “ أُصُنْ “ kemudian hamzah wasol yang ada pada lafad tersebut dibuang karena sudah tidak dibutuhkan {karena huruf awal pada lafad tersebut sudah berharokat} maka menjadi lafad “ صُنْ
·         Lafad “ بِعْ “ berasal dari lafad “ إِبْيِعْ “ mengikuti wazan “ إِفْعِلْ“ harokat ya’ dipindah pada huruf sebelumnya dikarenakan lemahnya huruf ilat menyandang harokat  dan kuatnya huruf sohih menyandang harokat maka menjadi lafad “ إِبِيْعْ “,kemudian bertemu dua sukun dengan tanpa adanya pemisah diantara keduanya yaitu sukunnya ya’ dan a’in,kemudian ya’ dibuang karena untuk menolak bertemunya dua sukun dalam satu kalimat maka menjadi lafad “إِبِعْ “ kemudian hamzah wasol yang ada pada lafad tersebut dibuang karena sudah tidak dibutuhkan {karena huruf awal pada lafad tersebut sudah berharokat} maka menjadi lafad “ بِعْ “.
# Pengi’lalan lafad “ مَقُوْلٌ “dan “ مَبِيْعٌ “ akan di terangkan pada kaidah yang kedua belas #
1.10: KAIDAH KESEPULUH
إِذَا كانَ أَصْلُ الْوَاوِ وَاليَاءِ سَاكِنَا   فَلاَتَقْلِبَنْ أَلْفًا سِوَى مَا كَأَحْوَلاَ
“Wawu dan ya’ yang keduanya berharokat sukun {dengan sukun yang asli} itu tidak di balik menjadi alif,akan tetapi jika sukunnya itu merupakan sukun yang baru {tidak asli} maka wawu dan ya’ harus dibalik menjadi alif setelah memindahkan harokatnya pada huruf yang ada pada sebelumnya,hal ini dikarenakan berharokatnya wawu dan ya’ dengan melihat harokat aslinya dan fathahnya huruf yang ada pada sebelumnya dengan melihat keadaan yang sekarang seperti contoh “ أَجَابَ“ dan “ أَبَانَ“ yang berasal dari lafad “  أَجْوَبَ “ dan “  أَبْيَنَ “.
Pengi’lalan:
·         Lafad “ أَجَابَ “ berasal dari lafad “ أَجْوَبَ “ mengikuti wazan “ أَفْعَلَ “ harokat wawu dipindah pada huruf yang sebelumnya karena lemahnya huruf ilat dan kuatnya huruf sohih menyandang harokat maka menjadi lafad “ أَجَوْبَ “ kemudian wawu dibalik menjadi alif karena wawu berharokat dengan melihat asalnya dan fathahnya huruf yang jatuh sebelum wawu dengan melihat keadaan yang sekarang maka menjadi lafad “  أَجَابَ 
·         Lafad “ أَبَانَ “ berasal dari lafad “ أَبْيَنَ “ mengikuti wazan “ أَفْعَلَ “ harokat ya’ dipindah pada huruf yang sebelumnya karena lemahnya huruf ilat dan kuatnya huruf sohih menyandang harokat maka menjadi lafad “ أَبَيْنَ “ kemudian ya’ dibalik menjadi alif karena berharokatnya ya’ dengan melihat asalnya dan fathahnya huruf yang jatuh sebelum ya’ dengan melihat keadaan yang sekarang maka menjadi lafad “ أَبَانَ “.
1.11. KAIDAH KESEBELAS
إَذَا مَا اْلتَقَى الْهَمْزَانِ وَالثَّانِى سَاكِنُ    كَأَمَنَ فَأقْلِبْ وِفْقَ كَانَ أَوَّلاَ
“Ketika ada dua hamzah berkumpul dalam satu kalimat dan hamzah yang pertama berharokat sedangkan yang kedua sukun maka wajib mengganti hamzah yang kedua dengan huruf  mad yang sejenis dengan harokat huruf sebelumnya seperti contoh “  آمَنَأُوْمِنُ“dan “  إِيْمَانًا “ yang berasal dari lafad “  أَأْمَنَ  أُأْمِنُ “ dan “  إِإْمَانًا “.
Pengi’lalan :
·         Lafad “ آَمَنَ “ berasal dari lafad “ أَأْمَنَ “ mengikuti wazan       أَفْعَلَ “ hamzah yang kedua diganti menjadi alif karena berharokat sukun dan jatuh setelah hamzah yang berharokat fathah maka menjadi lafad “ أَمَنَ  “.
·         Lafad “ أُوْمِنُ “ berasal dari lafad “ أُأْمِنُ “ mengikuti wazan “ يُفْعِلُ “ hamzah yang kedua diganti menjadi wawu karena berharokat sukun dan jatuh setelah hamzah yang berharokat domah maka menjadi lafad “ أُوْمِنُ
·         Lafad “ إِيْمَانًا “ berasal dari lafad “ إِإمَانًا “ mengikuti wazan “ إِفْعَالاً “ hamzah yang kedua diganti menjadi ya’ karena berharokat sukun dan jatuh setelah hamzah yang berharokat kasroh maka menjadi lafad “ إِيْمَانًا “.
1.12: KAIDAH KEDUABELAS
لأُوْلَى الْمَصُوْنِ الْحَذْفَ مَالَ أَبُو الْحَسَنْ    وَللِثَانِي مَالَ سِيْبَوَيْهٍ أَبُوْالْملاَ
وَكَسَرٌ لِفَا الْمَبِيْعِ فَرْقًا لأَوَّلِ     وَللِثَانِي أَنْ تَصِحَّ يَا أَنْ تُبَدَّلاَ
“Isim maf’ul ketika terbentuk dari bina’ yang mu’tal a’in maka wajib membuang salah satu huruf ilatnya  {a’in kalimat asli dan wawu maf’ul} setelah memindah harokat a’in pada huruf sebelumnya karena untuk menolak bertemunya dua sukun yang berkumpul dalam satu kalimat seperti contoh “ مَصُوْنٌ “ dan “  مَبِيْعٌ“ berasal dari lafad “ مَصْوُوْنٌ “ dan “ مَبْيُوْعٌ “.
# Menurut imam sibawaih yang dibuang adalah wawu maf’ulnya,sedangkan menurut imam abu al-ahsan al-akhfas yang dibuang adalah a’in kalimatnya #
Pengi’lalan:
·         Lafad “مَقُوْلٌ “ berasal dari lafad “ مَقْوُوْلٌ “ mengikuti wazan “مَفْعُوْلٌ “ harokat wawu dipindah pada huruf sebelumnya karena lemahnya huruf ilat dan kuatnya huruf sohih untuk menyandang harokat maka menjadi lafad “ مَقُوْوْلٌ“kemudian bertemu dua sukun dengan tanpa pemisah diantara keduanya yaitu sukunnya dua wawu,kemudian wawu yang kedua dibuang menurut imam sibawaih,dan pembuangan wawu yang pertama menurut imam akhfas karena untuk menolak bertemunya dua sukun maka menjadi lafad “ مَقُوْلٌ
·         Lafad “مَبِيْعٌ “ berasal dari lafad “ مَبْيُوْعٌ “ mengikuti wazan “ مَفْعُوْلٌ “ harokat ya’ dipindah pada huruf selumnya karena lemahnya huruf ilat dan kuatnya huruf sohih menyandang harokat maka menjadi lafad “ مَبُيْوْعٌ“ kemudian bertemu dua sukun dengan tanpa pemisah diantara keduanya yaitu sukunnya ya’ dan wawu,kemudian wawu dibuang menurut imam sibawaih karena untuk menolak bertemunya dua sukun dalan satu kalimat maka menjadi lafad “ مَبُيْعٌ “ kemudian domahnya ba’ diganti menjadi kasroh karena untuk memantasi huruf ya’ maka menjadi lafad “مَبِيْعٌ “ sedangkan menurut imam al-akhfas huruf ya’ dibuang karena untuk menolak bertemunya dua sukun maka menjadi lafad “ مَبُوْعٌ “kemudian domahnya huruf ba’ diganti menjadi kasroh untuk membedakan antara bina’ ajwaf ya’i dan ajwaf wawi maka menjadi lafad “ مَبِوْعٌ“ kemudian wawu diganti menjadi ya’ karena wawu berharokat sukun yang jatuh setelah kasroh maka menjadi lafad “ مَبِيْعٌ
1.13: KAIDAH KETIGA BELAS
          إِذَااَلْوَاوُ طَرْفَ بَعْدَ ضَمٍّ تَعَا طُوَا    فَقْلِبْهُ يَا فَالضَمَّ بِالْكَسْرِ بِدِّلاَ                                         
 “Ketika wawu jatuh setelah domah pada akhir kalimat dalam isim yang mutamakkin {mu’rob} maka wawu tersebut diganti menjadi ya’ dan harokat domah diganti dengan kasroh karena untuk menyesuaikan dengan huruf ya’ seperti contoh “ تَعَاطِيًا“ dan “ تَعَزِّيًا“ yang berasal dari lafad “ تَعَاطُوًا“ dan “  تَعَزُّوًا
Pengi’lalan:
·         Lafad “ تَعَاطِيًا “ berasal dari lafad “  تَعَاطُوا ً “ mengikuti wazan “ تَفَاعُلاً “ wawu diganti menjadi ya’ karena jatuh setelah harokat domah dan berada pada akhir kalimat dalam isim yang mutamakkin maka menjadi lafad “ تَعَاطُيًا “ kemudian domahnya to’ diganti menjadi kasroh karena untuk menyesuaikan huruf ya’ maka menjadi lafad “ تَعَاطِيًا “.
·         Lafad “ تَعَزِّيًا “ berasal dari lafad “ تَعَزُّوًا “ mengikuti wazan “ تَفَعُّلاً “ wawu diganti menjadi ya’ karena jatuh setelah harokat domah dan berada pada akhir kalimat dalam isim yang mutamakkin maka menjadi lafad “ تَعَزُّيًا “ kemudian domahnya za’ diganti menjadi kasroh karena untuk menyesuaikan huruf ya’ maka menjadi lafad “ تَعَزِّياً “.
1.14: KAIDAH KEEMPAT BELAS
وَأَذْغِمْ لأُوْلَى الْحَرْفِ الْثَانِي بِكِلْمَةٍ    إِذَا اتَّحَدَ جِنْسًا وَثَقِّلْ وَرَتِّلاَ
“Apabila ada dua huruf yang sama yang satu jenis berkumpul dalam satu kalimat maka wajib mengidgomkan huruf yang pertama pada huruf yang kedua setelah mensukunkan huruf yang pertama {jika huruf tersebut berharokat} seperti contoh “ مَدَّ يَمُدُّ“ dan “ مَدًّا “ yang berasal dari lafad “ مَدَدَ  يَمْدُدُ “ dan “  مَدْدًا “.
Pengi’lalan:
·         Lafad “ مَدَّ “ berasal dari lafad “ مَدَدَ “ mengikuti wazan “ فَعَلَ “ kemudian dal yang pertama disukunkan karena merupakan syarat idgom maka menjadi lafad “ مَدْدَ “ kemudian dal yang pertama diidgomkan pada dal yang kedua karena satu jenis maka menjadi lafad “ مَدَّ
·         Lafad “ يَمُدُّ “ berasal dari lafad “ يَمْدُدُ “ mengikuti wazan “ يَفْعُلُ “ kemudian harokat dal yang pertama dipindah pada huruf sebelumnya karena merupakan sarat idgom maka menjadi lafad “ يَمُدْدُ “ kemudian dal yang pertama di idgomkan pada dal yang kedua karena satu jenis maka menjadi lafad “ يَمُدُّ
·         Lafad “ مُدَّ “ berasal dari lafad “ أُمْدُدْ “ mengikuti wazan “ أُفْعُلْ “ kemudian harokat dal yang pertama di pindah pada huruf sebelumnya karena merupakan sarat idgom maka menjadi lafad “ أُمُدْدْ “ kemudian bertemu antara dua sukun dengan tanpa pemisah diantara keduanya yaitu sukunnya dua dal yang tidak mungkin untuk dibuang salah satunya maka dal yang kedua di harokati fathah karena untuk meringankan atau ikut pada asalnya,atau diharokati dengan domah karena ikut pada harokat fa’ kalimat dan untuk menolak bertemunya dua sukun maka menjadi lafad “ أُمُدْدَأُمُدْدِأُمُدْدُ “ kemudian dal yang pertama di idgomkan pada dal yang kedua maka menjadi lafad “ أُمُدَّ “kemudian hamzah wasolnya dibuang karena sudah tidak dibutuhkan maka menjadi lafad “ مُدَّ
# PEMBAHASAN IDGOM #
Hukum hukum idgom:
         
1.  Wajib idgom:
a. Dalam dua huruf yang satu jenis dalam satu alimat baik adanya dua huruf tersebut berharokat semua seperti contoh” مَرَّ “dan” يَمُرُّ “berasal dari  lafad “ مَرَرَ “dan” يَمْرُرُ “ atau adanya huruf yang pertama sukun dan huruf yang kedua berharokat seperti contoh “مَدًّا  “ berasal dari lafad “مَدْدًا  “,maka jika adanya huruf yang pertama itu sukun maka boleh di idgomkan pada huruf yang kedua dengan tanpa perubahan seperti contoh “عَضًّا “ berasal dari lafad “ عَضْضًا “,ketika adanya huruf yang pertama itu berharokat maka harokat tersebut di buang kemudian diidgomkan {ini ketika adanya huruf  yang jatuh sebelumnya berharokat atau di dahului huruf mad seperti contoh “ رَدَّ “ dan “رَادٍّ “ berasal dari lafad “رَدَدَ “ dan “رَادِدٌ“,maka jika adanya huruf  yang jatuh sebelumnya berharokat sukun maka harokat huruf pertama harus di pindah pada huruf sebelumnya seperti contoh “يَمُدُّ “ berasal dari lafad “يَمْدُدُ “.
b. Dalam dua macam lafad yang saling berdampingan {ketika adanya akhir lafad yang pertama berharokat sukun} dan adanya dua lafad tersebut seperti satu kalimat seperti contoh “  سَكَتُّ سَكَنَّااُكْتُبْ بِا لْقَلَمْقُلْ لَهُ “.Hanya saja jika adanya lafad yang kedua berupa domir maka wajib idgom secara lafad dan tulisan,jika lafad yang kedua tidak berupa domir maka wajib idgom secara lafad bukan dalam tulisan.
2.   Boleh idgom:  
a. Ketika adanya huruf yang pertama berharokat dan huruf yang kedua sukun {dengan sukun yang baru dikarenakan jazem atau semisalnya}seperti contoh “ لَمْ يَمُدَّ “ dengan idgom,maka boleh di ucapkan “لَمْ يَمْدُدْ “ dan “اُمْدُدْ “ tanpa idgom.Pembacaan dengan tanpa idgom itu lebih baik dari pada dengan idgom seperti contoh dalam ayat Al-qur’an “ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِئُ وَلوْلَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌ “ dan “ وَاشْدُدْ عَلَى قُلُوْ بِهِمْ  “.Adanya harokat huruf yang kedua dari dua macam huruf yang di idgomkan dalam fi’il mudori’ yang di jazemkan dan fi’il amar,yang kedua fi’il tersebut tidak bersambung dengan sesuatu {wawu jama’,alif tatsniah dan ya’ muannats mukhotobah} itu tidak ikut pada harokat fa’ fi’ilnya.
@. Huruf akhir dari lafadz yang fa’ kalimatnya dibaca domah boleh dibaca fathah, domah dan kasroh seperti contoh “لَمْ يَمُدَّ  لَمْ يَمُدِّ “ dan “ لَمْ يَمُدُّ
@. Huruf akhir dari lafad yang fa’ kalimatnya di baca fathah boleh di baca fathah dan kasroh seperti contoh “  لَمْ يَعَضَّ“ dan “ لَمْ يَعَضِّ “.
@. Huruf akhir dari lafad yang fa’ kalimatnya di baca kasroh boleh di baca fathah dan kasroh seperti contoh “  لَمْ يَفِرَّ“ dan “ لَمْ يَفِرِّ “. Maka i’rob jazem fi’il mudori’ nya itu dengan sukun yang dikira-kirakan pada akhir kalimat.{tidak boleh menampakkan harokat idghom}.
b. Adanya a’in dan lam kalimat berupa huruf ya’ yang lazim dan ya’ yang kedua berharokat seperti contoh “ عَيِيَ “ dan “ حَيِيَ “ maka menjadi lafad “ عَيَّ “ dan “ حَيَّ “.
c. Ketika dalam permulaan fi’il madhi terdapat dua ta’ seperti contoh “ تَتَابَعَ “dan “ تَتَبَّعَ “ maka boleh idghom dengan menambahkan hamzah wasol pada  permulaannya karena untuk mencegah awal kalimat dibaca sukun seperti contoh “ إِتَّابَعَ “dan “ إِتَّبَّعَ “.
d. Adanya dua huruf yang sama,berharokat dalam dua kalimat seperti contoh “ جَعَلَ لِي “ dan “ وَكَتَبَ بِالْقَلَمْ “.maka boleh idghom dengan mensukunkan huruf yang pertama seperti contoh “ جَعَلْ لِي “dan “ كَتَبْ بِالْقَلَمْ “ {boleh idghom dalam lafad bukan tulisan }.
3.  Pencegahan idghom:
a. Dua huruf yang sama yang terdapat pada awal kalimat seperti contoh” دَدَنٍ “ dan “ تَتَرٍ “.
b. Kalimat isim yang mengikuti wazan “ فُعَلٍفُعُلٍ فَعَلٍ “dan “ فِعَلٍ “ seperti contoh “ جُدَدٍسُرُرٍطَلَلٍ “ dan “ حِلَلٍ “.
c. Adanya dua huruf yang sama merupakan huruf tambahan untuk ilkhaq {penyamaan } baik adanya huruf tambahan itu merupakan salah satu dari dua huruf yang sama seperti contoh” جَلْبَبَ “ atau bukan seperti contoh “ هَيْلَلَ “.
d. Adanya huruf yang pertama dari dua huruf yang sama itu sudah diidghomkan seperti contoh “ شَدَّدَ “ dan “ مُشَدِّدٌ “.
e.  Adanya dua huruf yang sama mengikuti wazan “ أَفْعِلْ “ {fi’il ta’ajjub}seperti contoh “ أحْبِبْ بِهِ “.
f.  Salah satu dari dua huruf yang sama tersebut berharokat sukun akan tetapi bukan merupakan sukun yang asli {sukun yang disebabkan karena bertemu dengan dhomir mutakharrik makhal rofa’}seperti contoh “ مَدَدْتُ “ dan “ مَدَدْنَا “ .
g.  Huruf yang pertama pada fi’il mudhori’ berupa dua huruf ta’ yang sama seperti contoh “ تَتَوَقَّفُ “ { lafad tersebut boleh dibaca ringan dengan membuang salah satu ta’ nya.contoh “ تَوَقَّفُ “.
1.15: KAIDAH KELIMA BELAS
إِذَ وَقَعَتْ وًا بَعْدَ كَسْرٍ تَسَكَّنَتْ    تَصِرْ بًا كَقِيْلَ بَعْدَ نَقْلٍ فِي قُوِلَ
 “Ketika wawu yang berkharokat sukun jatuh setelah kasroh maka wawu dibalik menjadi ya’ seperti contoh “  مِيْعَادٌ“ dan “ مِيْزِانٌ “ berasal dari lafad  مِوْعَادٌ “ dan “ مِزْوَانٌ“.
Pengi’lalan:
·         Lafad “ مِيْعَادٌ “ berasal dari lafad “ مِوْعَادٌ “ mengikuti wazan ” مِفْعَالٌ “ wawu dibalik menjadi ya’ karena dia berkharokat sukun yang jatuh setelah kasroh maka menjadi lafad “ مِيْعَادٌ “.
·         Lafad “ قِيْلَ “ berasal dari lafad “ قُوِلَ “ mengikuti wazan “فُعِلَ “ kharokat wawu dipindah pada huruf sebelumnya  setelah membuang harokat huruf  sebelumnya karena beratnya mengucapkan dhommah yang  jatuh sebelum kasroh maka menjadi lafad “ قِوْلَ “ kemudian wawu dibalik menjadi ya’ karena dia berkharokat sukun dan jatuh setelah kasroh maka menjadi lafad    قِيْلَ “.
1.16: KAIDAH KEENAM BELAS
وَإِنْ وَقَعَتْ يًا بَعْدَ ضَمٍّ تَسَكَّنَتْ    فَتَقْلِيْبُهَا وَاوًا كَيُوْقِنُ ذُوْالْعُلاَ
“Ketika ya’ berharokat sukun jatuh setelah dhomah pada selain jama’ yang mengikuti wazan “  فُعْلٍ “ maka ya’ dibalik menjadi wawu seperti contoh “ يُوْقِنَ“ dan “ يُوْسِرُ “ berasal dari lafad “  يُيْقِنُ “ dan “ يُيْسِرُ“.
{ Jika ya’ tersebut berada pada jama’ yang mengikuti wazan “ فُعْلٍ“ maka ya’ tidak dibalik menjadi wawu akan tetapi harokat dhomah yang berada sebelum ya’ diganti menjadi kasroh karena untuk menyesuaikan dengan huruf ya’.contoh “ بِيْضٌ “ dan “ هِيْمٌ“ berasal dari lafad “ بُيْضٌ “ dan “ هُيْمٌ “}
{Setiap lafad yang mengikuti wazan “  أَفْعَلَ“ dan “  فُعْلاَءَ “ yang berupa sifat musabbihat itu dijama’kan dengan mengikuti wazan “ فُعْلٍ“}
Pengi’lalan:
·         Lafad “ يُوْقِنُ “ berasal dari lafad “ يُيْقِنُ “ mengikuti wazan “ يُفْعِلُ “ ya’ dibalik menjadi wawu karena ya’ berharokat sukun dan jatuh setelah dhomah maka menjadi lafad “ يُوْقِنُ
·         Lafad “ نَهُوَ “ berasal dari lafad “ نَهُيَ “ mengikuti wazan “ فَعُلَ“ ya’ dibalik menjadi wawu karena ya’ jatuh pada lam fi’il yang mengikuti wazan “ فَعُلَ “ maka menjadi lafad “ نَهُوَ“.
# Ya’ dibalik menjadi wawu juga terjadi ketika ya’ bertempat pada lam fi’il yang mengikuti wazan “  فَعُلَ“.contoh “ نَهُوَ “ dan “ قَضُوَ“ berasal dari lafad “ نَهُيَ “ dan “ قَضُيَ “#
1.17: KAIDAH KETUJUH BELAS
وَأَبْدِلْ بِطَاءٍ تَا افْتَعَلْ إِنْ بِفَائِهِ    حُرُوْفٌ لإِطْباَقٍ ثُمَّ اقْلِبْ وَثَقِّلاَ
“Ketika fa’ fi’ilnya wazan “ إِفْتَعَلَ “ berupa salah satu dari huruf itbaq {“ الصَاد  الضَادالطَاء “ dan “  الظَاء“} maka diganti dengan huruf tho’ karena sulitnya mengucapkan huruf ta’ setelah huruf tersebut”
# huruf ta’ diganti menjadi to’ karena kedua huruf tersebut saling berdekatan dalam makhroj seperti cotoh “  إِصْطَلَحَ  إِضْطَرَبَإِطَّعَنَ “ dan “  إِضْطَلَمَ “ yang berasal dari lafad “ إِصْتَلَحَإِضْتَرَبَ إِطْتَعَنَ “ dan “ إِظْتَلَمَ “ #
Dan setelah pergantian tersebut di bolehkan idghom,maka lafad “ إِصْطَلَحَ “ boleh di ucapkan “  إِصَّلَحَإِطَّلَعَ
Pengi’lalan:
·         Lafad “ إِصْطَلَحَ “ berasal dari lafad “ إِصْتَلَحَ “ mengikuti wazan “ إِفْتَعَلَ “ ta’ dibalik menjadi to’ karena sulitnya mengucapkan ta’ yang jatuh setelah huruf itbaq maka menjadi lafad “ إِصْطَلَحَ “.
·         Lafad “ إِضْطَرَبَ “ berasal dari lafad “ إِضْتَرَبَ “ mengikuti wazan “ إِفْتَعَلَ “ ta’ dibalik menjadi to’ karena sulitnya mengucapkan ta’ yang jatuh setelah huruf itbaq maka menjadi lafad “ إِضْطَرَبَ “.
1.18: KAIDAH KEDELAPAN BELAS
وَإِنْ كَانَ دَالاً ذَالاً زَاياً قَلَّبْتَهَا    بِدَالٍ وَجَازَ الْقَلْبُ بَعْدُ بِمَا تَلاَ
“Ketika fa’ fi’ilnya wazan “  إِفْتَعَلَ “ berupa huruf  {“ دَالْذَال “ dan “  زَاء “} maka ta’ yang terdapat pada wazan tersebut di rubah menjadi “  دَال “ karena sulitnya mengucapkan huruf ta’ yang jatuh setelah salah satu huruf tersebut,karena saling berdekatan dalam makhroj”
Dan setelah pergantian tersebut di perbolehkan idghom, contoh “ إِدَّرَأَ  إِذْدَكَرَ  “ dan “ إِزْدَجَرَ “ yang aslinya “ إِدْتَرَأَ  إِذْتَكَرَ  “ dan “ إِزْتَجَرَ  “.
Pengi’lalan:
·         Lafad “  إِدَّرَأَ“ berasal dari lafad “ إِدْتَرَأَ “ mengikuti wazan “ إِفْتَعَلَ “ ta’ di ganti menjadi dal  karena sulitnya mengucapkan ta’ yang jatuh setelah dal maka menjadi lafad “ إِدْدَرَأَ “ kemudian dal yang pertama di idghomkan pada dal yang kedua karena satu jenis maka menjadi “  إِدَّرَأَ“.
·         Lafad “ إِذْدَكَرَ “ {“ إِذَّكَرَ “ dan “ إِدَّكَرَ “} berasal dari lafad “إِذْتَكَرَ  “ mengikuti wazan “ إِفْتَعَلَ “ ta’ di ganti menjadi dal  karena sulitnya mengucapkan ta’ yang jatuh setelah dzal maka menjadi lafad “ إِذْدَكَرَ “ kemudian dal diganti dzal atau dzal diganti dal karena kedua huruf itu saling berdekatan dalam makhroj maka menjadi lafad “ إِذْذَكَرَ  “ atau “ إِدْدَكَرَ “ kemudian huruf yang pertama di idghomkan pada huruf yang kedua karena satu jenis maka menjadi lafad “ إِذَّكَرَ “ atau “ إِدَّكَرَ “.
1.19: KAIDAH KESEMBILAN BELAS
وَإِنْ كَانَ وَا يَا ثَاءً فَأقْلِبْ لَهَا بِالتَّا    وَأَبْدِلْ جَوَازًا بِالتَاءِ تَا كَمَا قِيْلاَ
“Ketika fa’ fi’il wazan “ إِفْتَعَلَ“ berupa huruf  {“  وَاوُيَاءْ“ atau “  ثَاءْ “} maka di ganti dengan ta’ karena sulitnya mengucapkan huruf lain {“ يَاءْ“ dan “ وَاوُ“} yang sukun jatuh sebelum ta’ dan karena sulitnya mengucapkan tsa’ sebelum ta’,akan tetapi boleh mengganti ta’ menjadi tsa’ pada kalimat yang fa’ fi’ilnya berupa tsa’ karena dua huruf tersebut { ta’ dan tsa’} satu jenis dalam mahmussah nya seperti contoh “  اِتَّصَلَ  اِتَّسَرَ “ dan “  اِتَّغَرَ “ {  اِثَّغَرَ  } berasal dari lafad “  اِوْتَصَلَاِيْتَسَرَ “ dan “ اِثْتَغَرَ “ {  اِثْتَغَرَ  }
Pengi’lalan:
·         Lafad “ اِتَّصَلَ “ berasal dari lafad “ اِوْتَصَلَ “ mengikuti wazan “ اِفْتَعَلَ “ wawu dibalik menjadi ta’ karena sulitnya mengucapkan Lain yang sukun yang jatuh sebelum ta’ maka menjadi lafad “ اِتْتَصَلَ “ kemudian ta’ yang pertama di idghomkan pada ta’ yang kedua maka menjadi lafad “ اِتَّصَلَ
·         Lafad “ اِتَّسَرَ “ berasal dari lafad “ اِيْتَسَرَ “ mengikuti wazan “ اِفْتَعَلَ “ ya’ dibalik menjadi ta’ karena sulitnya mengucapkan Lain yang sukun yang jatuh sebelum ta’ maka menjadi lafad “ اِتْتَسَرَ “ kemudian ta’ yang pertama di idghomkan pada ta’ yang kedua maka menjadi lafad “ اِتَّسَرَ
·         Lafad “ اِتَّغَرَ “ { اِثَّغّرّ }berasal dari lafad “ اِثْتَغَرَ “ mengikuti wazan “ اِفْتَعَلَ “ tsa’ dibalik menjadi ta’ {ta’ diganti tsa’} karena kedua huruf tersebut satu jenis dalam huruf Mahmusah kemudian ta’ {tsa’} yang pertama di idghomkan pada yang kedua karena satu jenis maka menjadi lafad “ اِتَّغَرَ “ {“ اِثَّغَرَ “}.
1.20: KAIDAH KEDUA PULUH
إِذَا كَانَ يَاءٌ لاَمَ فَعْلَى اِسْمًا أَبْدِلِ    بِوَاوٍ كَتَقْوَى غَالِبًا جَاكَ الْبَدَلاَ
“Ya’ dibalik menjadi wawu ketika ya’ jatuh pada lam isim yang mengikuti wazan “ فَعْلَى “ {secara umum} seperti contoh “ تَقْوَى “ dan “ فَتْوَى “ berasal dari lafad “ تَقْيَا “ dan “ فَتْيَا “.
# Terkadang ya’ tidak di balik menjadi wawu,dalam contoh “ دَعْوَى “.Ketika ya’ jatuh pada lam isim dalam sifat maka ya’ itu tidak dibalik menjadi wawu,contoh “ خَزْيَا “ bentuk mu’annats dari lafad “ خَزَيَانَ “ #
Pengi’lalan:
·         Lafad “ تَقْوَى “ berasal dari lafad “ تَقْيَا “ mengikuti wazan “ فَعْلَى “ ya’ dibalik menjadi wawu karena berada pada lam isim kalimat yang mengikuti wazan “ فَعْلَى “ maka menjadi lafad “ تَقْوَى
·         Lafad “فَتْوَى “ berasal dari lafad “فَتْيَا “ mengikuti wazan “   فَعْلَى “ ya’ dibalik menjadi wawu karena berada pada lam isim kalimat yang mengikuti wazan “فَعْلَى “ maka menjadi lafad “فَتْوَى
1.21: KAIDAH KEDUA PULUH SATU
إِذَا كَانَ وَاوٌ لاَمَ فُعْلَى وَصْفًا أَبْدِلِ    بِيَاءٍ كَعُلْيَا فَأعْلَمُوْا يَامُعَلِّلاَ
“Ketika wawu jatuh pada lam  kalimat yang ikut pada wazan “ فُعْلَى “ yang berupa sifat maka dibalik menjadi ya’ seperti contoh “ عُلْيَا “ dan   دُنْيَا “ berasal dari lafad “ عُلْوَا “ dan “ دُنْوَا “.
# Ketika wawu jatuh pada lam isim wazan “ فُعْلَى “ maka wawu tidak dibalik menjadi ya’ seperti lafad “ خُزْوَى “.
Pengi’lalan:
·         Lafad “عُلْيَا  “ berasal dari lafad “ عُلْوَا “ mengikuti wazan “ فُعْلَى “ wawu di balik menjadi ya’ karena jatuh pada lam wazan “فُعْلَى “ dalam sifat maka menjadi lafad “عُلْيَا  
·          Lafad “دُنْيَا “ berasal dari lafad “دُنْوَا “ mengikuti wazan “ فُعْلَى “ wawu di balik menjadi ya’ karena jatuh pada lam wazan “فُعْلَى “ dalam sifat maka menjadi lafad “دُنْيَا “.
1.22: KAIDAH KEDUA PULUH DUA
Alif dibalik menjadi ya’ pada empat tempat:
1.     Ketika alif jatuh setelah ya’ tasghir .contoh “ غُزيِّلٌ “{“ غَزَالٌ“},dan “كُتيِّبٌ “{“كِتَابٌ “}
2.    Ketika alif jatuh pada No empat atau lebih dan bersambung dengan dhomir tatsniah,dhomir mutakharrik makhal rofa’ dalam kalimat fi’il atau alif tatsniah dalam isim baik adanya alif itu gantian dari wawu ataupun ya’.contoh “يَرْضَيَانِأَعْطَيَا  يَسْعَيَانِأَخْفَيْتُ “ dan “مُعْطَيَانِ “ yang berasal dari lafad “يَرْضَوَانِ “ {“يَرْضَاانِ “} ”أَعْطَوَا “ {“أَعْطَاا “} “يَسْعَاانِاَخْفَاتُ “ dan “مُعْطَوَانِ “ {“مُعْطَاانِ “}.
3.    Ketika alif jatuh pada No tiga yang aslinya adalah ya’ dan bersambung dengan dhomir mutakharik makhal rofa’ dan alif tatsniah.contoh “سَعَيْتُ  “ {“سَعَى “} dan “سَعَيَا “ {“ سَعَى “}.
4.    Ketika alif  jatuh setelah kasroh.contoh “مَصَابِيْحَ  “ berasal dari lafad “مَصَابِاحَ “ {“مِصْبَاحٌ  “}.
Pengi’lalan:
·         Lafad “ مَصَابِيْحَ “ berasal dari lafad “مَصَابِاحَ  “ mengikuti wazan “مَفَاعِيْلَ  “ alif di  balik  menjadi ya’  karena  jatuh  setelah  kasroh  maka  menjadi  lafad “مَصَابِيْحَ “.
·         Lafad “غُزَيِّلٌ  “ berasal dari lafad “غُزَيْالٌ  “ mengikuti wazan “فُعَيْعِلٌ  “ alif di balik menjadi ya’ karena jatuh setelah ya’ tasghir maka menjadi lafad “غُزَيْيِلٌ “ kemudian ya’ yang pertama di idghomkan pada ya’ yang kedua karena satu jenis maka menjadi lafad “غُزَيِّلٌ “.
Alif di balik menjadi wawu pada dua tempat:
1.     Ketika alif jatuh setelah dhomah.contoh “بُوْيِعَ “ dan “ضُوْرِبَ  “ berasal dari lafad “بُايِعَ “ dan “ضُارِبَ
2.    Ketika alif jatuh pada No tiga,yang aslinya adalah wawu dan bersambung dengan dhomir mutakharik makhal rofa’ atau dengan alif tatsniah.contoh “ دَعَوْتُ “ dan “دَعَوَا  “.
Pengi’lalan:
     
·         Lafad “بُوْيِعَ “ berasal dari lafad “بُايِعَ “ mengikuti wazan “فُوْعِلَ  “ alif  di balik menjadi wawu karena jatuh setelah dhomah maka menjadi lafad “بُوْيِعَ “.
·         Lafad “ضُوْرِبَ “ berasal dari lafad “ضُارِبَ  “ mengikuti wazan “فُوْعِلَ “ alif di balik menjadi wawu karena jatuh setelah dhomah maka menjadi lafad   ضُوْرِبَ “.
Penyempurnaan i’lal
1.     Lafad “إِتَّخَذََ “ berasal dari lafad “إِإتَخَذَ  “ mengikuti wazan “إِفْتَعَلَ   “ hamzah yang kedua diganti menjadi ya’ karena dia jatuh setelah kasroh dan berharokat sukun maka menjadi lafad “إِيْتَخَذَ  “ kemudian ya’ diganti menjadi ta’ karena sulitnya mengucapkan huruf  Lain  yang sukun dan jatuh sebelum ta’ maka menjadi lafad “إِتْتَخَذَ  “ kemudian ta’ yang pertama di idghomkan pada ta’ yang kedua maka menjadi lafad “إِتَّخَذَ  “.
2.    Lafad “إِقَامَةً  “ berasal dari lafad “إِقْوَامًا  “ mengikuti wazan “إِفْعَالاً “ harokat wawu di pindah pada huruf sebelumnya karena lemahnya huruf ilat dan kuatnya huruf sohih menyandang harokat maka menjadi lafad “إِقَوْامًا  “ kemudian bertemu dua sukun {sukunnya wawu dan alif} maka wawu di buang untuk menolak bertemunya dua sukun,kemudian di ganti dengan ta’ pada akhir kalimatnya maka menjadi lafad “ إِقَامَةً “.
وَتَمَّ بِحَمْدِالله أَشْمَلَ حَمْدِهِ   وَصَلَّى بِتَسْلِيْمٍ عَلَى أَشْفَعِ الْمَلاَ
مُحَمَّدٍ الْمَحْمُوْدِ وَالأَلِ صَحْبِهِ   وَكُلُّ هُدَاةِ الدِّيْنِ دِيْنٍ تَكَمَّلاَ
كتبه
الفقير إلى رحمة ربه محمد طيّب عثمان الجمفراجي

Artikel Terkait

8 comments :

Berkah Rahmah said...

terima kasi sangat bermanfaat semoga jd amal jariyah

E-Psychotest said...

Izin copas dgn menyertakan sumber

Unknown said...

Bismillah, Pak ini matannya tulisan sendiri?

Abnal said...

Izin copas dan print

Unknown said...

Dulu ada bab "KITABATUL HAMZAH" (Cara Menulis Hamzah) itu di kitab apa ya?
Mohon jawaban, terimakasih.

Alhub said...

Izin Copas dan Print

Lutfi Anam said...

Qowaidul shorfiyah #cmiw

Ismail said...

Ustadz Mohon izin copy buat dipelajari dan mengajarkan kepada yang memerlukan bukan untuk komersial, semoga Allah membalasnya dengan kebarokahan buat ustadz saya juga izin mengcopy panduan belajar amtsilatut tashrif (Ilmu Sorof) (Hormat Kami Ismail)