1.1:
KAIDAH PERTAMA
إِذَا
حُرِّكَتْ يَاءٌ وَاوٌ بَعْدَ فَتْحَةٍ
فَاقْلِبْهُمَا أَلْفًا سَارَ خَافَ طَوُلَ
“Ketika wawu dan ya’ berharokat,dan huruf
yang jatuh sebelumnya juga berharokat fathah maka wawu dan ya’ tersebut harus
dibalik menjadi alif seperti contoh” قَالَ ”
Syarat kaidah pertama:
1. Huruf yang
jatuh setelah wawu dan ya’ harus berharokat,ketika huruf tersebut terletak pada
a’in kalimat.Maka lafad ini “ بَيَانٍ “ dan “ طَوِيْلٍ“ tidak
bisa di i’lal karena huruf setelahnya berharokat sukun.
2. Adanya wawu
dan ya’ tidak disandingi dengan huruf alif dan ya’ yang di tasdid,ketika wawu
dan ya’ berada pada lam fi’il.Maka contoh ini دَعَوَا “ رَمَيَا “عَلَوِيٍ“tidak bisa di i’lal.
3. Hendaknya
wawu dan ya’ tidak berada pada a’in fi’il yang ikut wazan “ فَعِلَ “yang mu’tal lam.maka
contoh ini “ هَوِيَ “ dan “ قَوِيَ “ tidak bisa di
i’lal.
4. Tidak berkumpul
dua i’lal dalam satu kalimat.Maka contoh ini “ طَوَي “
dan “هَوَي“ tidak
bisa di i’lal.
5. Adanya wawu
dan ya’ tidak berada pada a’in isim yang ikut pada wazan“ فَعَلاَنٍ “.Maka contoh ini “ سَيَلاَنٍ “ dan “ جَوَلانٍ “ tidak bisa di
i’lal.
6. Adanya wawu
dan ya’ tidak berada pada a’in fi’il yang berupa sifat musabihat pada
wazan “ أَََفْعَلَ “.Maka contoh ini “عَوِرَ{ أَعْوَرَ } dan “
هَيِفَ{ أَهْيَفََ } tidak bisa di i’lal.
7. Hendaknya
wawu tersebut tidak bertempat pada a’in fi’il dalam wazan“ إِفْتَعَلَ “
yang menunjukkan ma’na musyarokah.Maka contoh ini “ إَجْتَوَرَ القَوْمُ“ tidak
bisa di i’lal.
8. Adanya wawu
dan ya’ tidak bertempat pada a’in kalimat yang akhirnya berupa ta’ ta’nis.Maka contoh ini “ صَوَنَةٍ “ dan “ بَيَعَةٍ “ tidak bisa di
i’lal.
Pengi’lalan:
·
Lafad “ صَانَ “ berasal dari lafad“ صَوَنَ “mengikuti wazan “ فَعَلَ“ kemudian
wawu dibalik menjadi alif karena wawu berharokat jatuh setelah fathah. Maka
menjadi lafad “ صَانَ “ .
·
Lafad “سَارَ “berasal dari lafad “سَيَرَ “ mengikuti wazan “ فَعَلَ“ kemudian
ya’ dibalik menjadi alif karena ya’ berharokat jatuh setelah fathah.Maka
menjadi lafad “ سَارَ َ “.
1.2:
KAIDAH KEDUA
وَإِنْ جَأتَا مِنْ بَعْدِ حَرْفٍ مُسَكّنٍ فَبِالنّقْلِ
إعْلالٌ لِضَعفٍ تَكَمّلَ
“Ketika wawu dan ya’ berharokat
jatuh setelah huruf sohih yang berharokat sukun maka harokat wawu dan ya’ di
pindah pada huruf sebelumnya,karena huruf sohih itu lebih. pantas untuk
menyandang harokat dari pada huruf ilat/kuatnya huruf sohih menyandang
harokat,seperti contoh “ يَقُوْلُ “.
Pengecualian kaidah kedua:
1. Fi’il yang
menunjukkan ma’na ta’ajub seperti contoh “مَا اَقْوَمَ“ dan ”أَقْوِمْ بِهِ “
2. Fi’il yang
mengikuti wazan “ أَفْعَلَ “ yang menunjukkan ma’na
tafdhil seperti contoh “ هُوَ أَقْوَمُ مِنْهُ “ atau “ أَبْيَنَ “ atau berupa sifat musabihat contoh “ أَحْوَلُ, أبْيَضُ “ atau berupa isim “أسْودُ
“
3. Setiap
lafad yang ikut pada wazan “ مِفْعَالٍ “ مِفْعَلَةٍ “ مِفْعَلٍ “ seperti contoh “مِكْيَالٍ
“ dan “ مِرْوَحَةٍ “
4. Setiap
lafad yang setelah wawu atau ya’ nya berupa huruf alif contoh “ تِجْوَالٌ “ تَهْيَامٌ “
5. Setiap lafad
yang lam fi’ilnya bertasdid contoh “ إبْيَضَّ “ “ إسْوَدَّ “.
6. Setiap
lafad yang lam fi’ilnya di i’lal.contoh “ أهْوَى “ أحْيَا“.
7. Setiap
lafad yang a’in fi’il pada fi’il madhinya tidak di i’lal contoh “ يَعْوَرُ ( عَوِرَ) “.
8. Setiap
lafad yang akhirnya berupa ta’ ta’nits contoh “ قَسْوَرَةٌ “.
Pengi’lalan:
·
Lafad “ يَصُوْنُ “berasal
dari lafad “ يَصْوُنُ “ yang
mengikuti wazan “ يَفْعُلُ“ kemudian harokat wawu di pindah pada huruf sebelumnya karena
lemahnya huruf ilat dan kuatnya huruf
sohih menyandang harokat.Maka menjadi lafad “ يَصُوْنُ “.
·
Lafad “
يَسِيْرُ “berasal
dari lafad “ يَسْيِرُ “ yang mengikuti wazan “ يَفْعِلُ “ kemudian harokat ya’ di pindah pada huruf
sebelumnya karena lemahnya huruf ilat dan kuatnya huruf sohih menyandang harokat.Maka menjadi lafad “ يَسِيْرُ “.
1.3:
KAIDAH KETIGA
وَإِنْ بَعْدَ أَلْفٍ زَائِدٍ جَاءَتَا مُجَا وِرَ طَرْفٍ إِقْلِبْ هَمْزَةً ثُمَّ رَتِّلاَ
“Ketika wawu dan ya’ jatuh
berada pada a’in fi’il dalam isim fa’il yang kedua wawu dan ya’ tersebut di
i’lal dalam fi’ilnya maka wawu dan ya’ tersebut harus diganti menjadi
hamzah.seperti contoh “ قَائِلٌ “ dan “ باَئِعٌ“ maka
ketika wawu dan ya’ tersebut tidak di i’lal dalam kalimat fi’ilnya maka wawu
dan ya’ itu tidak di i’lal pada isim fa’ilnya.contoh” عَاوِرٌ “dan “ مُعَاوِنٌ “ berasal dari fi’il “ عَوِرَ“ dan “ عَاوَنَ “ .
Pengi’lalan:
·
Lafad “
قَائِلٌ “ berasal
dari lafad “ قَاوِلٌ “ mengikutu wazan “ فَاعِلٌ “ kemudian wawu
diganti dengan hamzah karena jatuh setelah alif ziadah {tambahan} yang
berada pada a’in fi’il dalam isim fa’il yang di i’lal a’in fi’ilnya ketika
dalam fi’ilnya.Maka lafad tersebut menjadi lafad “ قَائِلٌ “.
·
Lafad “ بَائِعٌ “ berasal dari lafad “ بَايِعٌ “ mengikutu wazan “ فََاعِلٌ “ kemudian ya’ diganti dengan hamzah karena dia jatuh setelah
alif ziadah {tambahan} yang berada pada a’in fi’il dalam isim fa’il yang di
i’lal a’in fi’ilnya ketika dalam fi’ilnya.Maka lafad tersebut menjadi lafad “ بَائِعٌ “.
# Kaidah tambahan #
“Ketika ada huruf mad tambahan
yang jatuh pada No tiga dalam isim yang sohih akhir {Isim yang huruf akhirnya
tidak berupa huruf ilat”alif,ya’ dan wawu} maka diganti menjadi hamzah ketika
di mabnikan pada wazan “مَفَاعِلَ“.seperti contoh “ قَلاَئِدُ “ bentuk jama’ dari lafad “قِلادَةٍ “ dan “ عَجَائِزُ “ bentuk jama’ dari
lafad “ عَجُوْزٌ“ dan “ صَحائِفُ“ bentuk jama’ dari lafad “ صَحِيْفَةٌ“.
Pengi’lalan:
·
Lafad “ قَلائِدُ “ berasal dari lafad “ قَلاَادُ “ mengikuti wazan “ فَعَاعِلُ “ kemudian alif diganti menjadi hamzah karena dia berupa huruf
mad yang jatuh pada No tiga dan berupa huruf
tambahan dalam isim yang sohih akhir.Maka menjadi lafad “ قَلائِدُ “.
·
Lafad “ عَجَائِزُ “ berasal dari lafad “ عَجَاوِزُ “ mengikuti wazan “ فَعاَعِلُ “ kemudian wawu diganti menjadi hamzah karena dia berupa huruf
mad yang jatuh pada No tiga dan berupa huruf
tambahan dalam isim yang sohih akhir,maka menjadi lafad “عَجَائِزُ “.
·
Lafad “ صَحائِفُ “ berasal dari lafad “ صَحَايِفُ “ mengikuti wazan “ فَعَائِلُ“ kemudian
ya’ diganti menjadi hamzah karena dia berupa huruf mad yang jatuh pada No tiga
dan berupa huruf tambahan dalam isim
yang sohih akhir,maka menjadi lafad “ صَحَائِفُ“.
# Ya’ yang terdapat pada lafad “
مَعَايِشَ “ dan “ مَشَايِخَ “ tidak di i’lal karena ya’ tersebut bukan huruf tambahan #
1.4:
KAIDAH KEEMPAT
وَإَنْ جَاءَتَا
مَضْمُوْمَتَيْنِ بِآخِرِ فَلِلضَّمَّةِ
إِحْذِفَنَّ كَي يَتَعَطَّلاَ
“Ketika adanya wawu dan ya’
jatuh berada pada akhir kalimat setelah huruf
yang berharokat baik adanya wawu dan ya’ tersebut berharokat domah
ataupun kasroh maka harokat keduanya harus dibuang dikarenakan beratnya mengucapkan.Seperti
contoh” يَغْزُو “
dan “ يَرْمِي“ yang
berasal dari lafad “ يَغْزُوُ“ dan lafad “ يَرْمِيُ “.
Pengi’lalan:
·
Lafad “ يَغْزُو “ berasal dari lafad “ يَغْزُوُ “ mengikuti wazan “ يَفْعُلُ“ kemudian
wawu disukunkan setelah membuang harokatnya,karena
beratnya harokat domah yang bertempat pada wawu tersebut maka menjadi lafad “ يَغْزُو“.
·
Lafad “ يَرْمِي “ berasal dari lafad “ يَرْمِيُ “ mengikuti wazan “ يَفْعِلُ “ kemudian ya’ disukunkan setelah membuang harokatnya,karena beratnya harokat domah yang
bertempat pada wawu tersebut maka menjadi lafad “ يَرْمِي“.
1.5:
KAIDAH KELIMA
إِذَا الْتَقَى اُوْلاَهُمَا سَاكِنَةٌ
بِكِلمَةٍ فَاقْلِبِ الْوَا يَا
وَأَذْغِمْ مُثَقَّلاَ
“Ketika wawu dan ya’ berkumpul
dalam satu kalimat atau dalam dua kalimat yang seperti satu kalimat dan salah
satu diantara wawu dan ya’ tersebut di dahului dengan sukun dengan huruf yang
asli dan sukun yang asli dan tidak bisa di bedakan antara yang mendahului itu
berupa wawu atau ya’ maka wawu itu di rubah menjadi ya’ kemudian ya’ yang
pertama di idgomkan pada ya’ yang ke dua.seperti contoh “ مَقْضِيٌّ “ سَيِّدٌ“ dan “مُعَلِّمِيَّ“.akan tetapi jika huruf yang mendahulu dari wawu dan ya’
tersebut merupakan huruf gantian dari huruf lain maka wawu tersebut tidak bisa
di ganti menjadi ya” dan tidak bisa di idgomkan,seperti contoh “ دِوَانٌ“ yang aslinya adalah
lafad “ دِوَّانٌ“.begitu juga ketika adanya sukun tersebut merupakan sukun yang
baru seperti contoh “ قَوْيَ“ yang berasal dari
lafad “ قَوِيَ “ yang di
mukhofafkan,atau wawu dan ya’ tersebut berada dalam dua kalimat yang tidak
seperti satu kalimat.contoh “ جَاءَ أَبُو يَزِيْدَ “.
Pengi’lalan:
·
Lafad “ مَقْضِيٌّ “berasal dari lafad “مَقْضُوْيٌ “ mengikuti wazan “ مَفْعُوْلٌ “ kemudian wawu di balik menjadi ya’ karena berkumpulnya wawu
dan ya’ tersebut dalam satu kalimat yang salah satu dari keduanya di dahului
dengan sukun maka menjadi lafad “مَقْضُيْيٌ “ kemudian ya’ yang pertama di idgomkan pada ya’ yang ke dua
karena satu jenisnya huruf tersebut maka menjadi lafad “ مَقْضُيٌّ “ kemudian domahnya
dhot diganti menjadi kasroh karena untuk memantasi huruf ya’ maka menjadi lafad
“مَقْضِيٌّ “
·
Lafad“سَيِّدٌ “berasal dari lafad “سَيْوِدٌ “ mengikuti wazan “فَيْعِلٌ “ kemudian wawu di balik menjadi ya’ karena berkumpulnya wawu
dan ya’ tersebut dalam satu kalimat yang salah satu dari keduanya di dahului
dengan sukun maka menjadi lafad “سَيْيِدٌ “ kemudian ya’ yang pertama di idgomkan pada ya’ yang ke dua
karena satu jenisnya huruf tersebut maka menjadi lafad “ سَيِّدٌ “.
·
Lafad “مُعَلِّمِيَّ “
berasal dari lafad “مُعَلِّمُوْنَ لِي “ kemudian huruf lam dan nun di buang karena idofah kemudian
menjadi lafad “ مُعَلِّمُوْيْ “ bertemulah dua sukun dengan tanpa adanya pemisah diantara
keduanya dan tidak mungkin untuk membuang salah satu dari keduanya,yaitu
sukunnya wawu dan ya’,kemudian huruf ya’ di harokati fathah karena untuk
menolak bertemunya dua sukun maka menjadi lafad “مُعَلِّمُوْيَ “.kemudian wawu di
balik menjadi ya’ karena berkumpulnya wawu dan ya’ dalam dua kalimat yang
seperti satu kalimat maka menjadi lafad “مُعَلِّمُيْيَ “,kemudian ya’ yang pertama di idgomkan pada ya’ yang kedua
karena satu jenisnya huruf tersebut maka menjadi lafad “ مُعَلِّمُيَّ “kemudian domahnya
mim di ganti dengan kasroh karena untuk memantasi huruf ya’ maka menjadi lafad
“مُعَلِّمِيَّ “.
# Dhomir dan sesuatu yang di
sandarkan pada dhomir tersebut itu seperti satu
kalimat #
1.6:
KAIDAH KEENAM
وَإِنْ قَبْلَ وَاوٍ رَبِعٍ لَيْسَ ضَمَّةً فَمَا فَوْقَهُ فَاقْلِبْهْ بِاليَاءِ
اَوَّلاَ
“Ketika wawu jatuh pada huruf
yang ke empat atau lebih pada penghujung sebuah lafad yang sebelumnya tidak
berupa harokat domah maka wawu tersebut di balik menjadi ya’. seperti contoh “ يَرْضَى “ dan “يَرْتَضِىْ “ yang asalnya “ يَرْضَوُُ “ dan “ يَرْتَضِوُُ “ .
Pengi’lalan:
·
Lafad “يَرْضَى “
berasal dari lafad “ يَرْضَوُ “ mengikuti wazan “ يَفْعَلُ “ kemudian wawu di balik menjadi ya’ karena wawu bertempat pada
huruf yang ke empat pada penghujung sebuah lafad yang sebelumnya tidak berupa
harokat domah maka menjadi lafad “ يَرْضَيُ “ kemudian ya’ di rubah menjadi alif karena ya’ tersebut berharokat
dan huruf sebelumnya berharokat fathah maka menjadi lafad “ يَرْضَى “.
·
Lafad “ يَرْتَضِى “ berasal dari lafad “ يَرْتَضِوُ “ mengikuti wazan “ يَفْتَعِلُ “ wawu di balik menjadi ya’ karena wawu bertempat pada huruf
yang ke lima pada penghujung sebuah lafad yang sebelumnya tidak berupa harokat
domah maka menjadi lafad “يَرْتَضِيُ “ kemudian ya’ tersebut di sukunkan setelah membuang harokatnya
karena beratnya harokat domah yang di sandang oleh wawu maka menjadi lafad “ يَرْتَضِى “.
1.7: KAIDAH KETUJUH
وَإِنْ جَاءَ بَيْنَ الْفَتْحِ وَالْكَسْرِفَاحْذِفْهُ مُجَاوِرَةً الْكَسْرِ نَحْوُ يَوْعِدُ جَلاَ
“Ketika wawu jatuh berada
diantara harokat fathah dan kasroh yang sebelumnya berupa huruf mudoro’ah
{huruf yang berada pada permulaan fi’il mudori’ yaitu alif,nun,ya’ dan ta’}
maka wawu tersebut dibuang seperti contoh “ يَعِدُ“ berasal dari lafad “يَوْعِدُ “.dan pembuangan wawu
tersebut juga terjadi pada masdarnya ketika wawu tersebut diganti dengan huruf
ta’ seperti contoh “ عِدَةٌ “ berasal dari lafad “ وِعْدٌ “,maka
apabila wawu tersebut tidak diganti dengan ta’ maka wawu itu tidak di buang.
Pengi’lalan:
·
Lafad “ يَعِدُ “ berasal dari lafad “ يَوْعِدُ “ mengikuti wazan “يَفْعِلُ “kemudian wawu di buang karena jatuh berada di antara fathah
dan kasroh yang sebelumnya berupa huruf mudoro’ah maka menjadi lafad “ يَعِدُ “
·
Lafad “ عِدَة “
berasal dari lafad “وِعْدٌ “ mengikuti wazan “ فِعْلٌ “ kemudian wawu di buang karena ikut pada pembuangan wawu pada fi’il
mudori’nya setelah mencabut dan memindahkannya pada huruf yang berada pada
sebelumnya,kemudian wawu tersebut diganti menjadi ta’ pada akhir kalimatnya
maka menjadi lafad “وِعْدٌ “.
# adapun lafad “ يَضَعُ “يَدَعُ “ يَسَعُ “يَقَعُ “ dan
lafad “ يَطَأُ “ dengan membuang wawu yang terletak diantara dua fathah itu
dihukumi syad {keluar dari kaidah yang ada} #
1.8: KAIDAH KEDELAPAN
مَتَى جَاءَ بَعْدَ
اْلكَسْرِ فَى اسْمٍ وَفِعْلِهِ كَغَازٍ
رَضِيَفَا قْلِبْهُ يَا وَأصِّلا
Ketika wawu berada pada akhir
kalimat dan jatuh setelah kasroh baik dalam isim atau dalam fi’il maka wawu
tersebut di balik menjadi ya’ seperti contoh “ غَازٍ“ dan “ رَضِيَ “ berasal dari lafad “ غَازِوٌ “ dan “ رَضِوَ “.begitu juga ketika wawu jatuh diantara kasroh dan alif dalam
masdarnya yang di i’lal a’in fi’ilnya ,seperti contoh “ صِيَامٌ “ dan “ عِيَادَةٌ “ berasal dari lafad
“ صِوَامٌ “ dan “عِوَادَةٌ”
Pengi’lalan:
·
Lafad “ غَازٍ “ berasal dari lafad “ غَازِوٌ “ mengikuti wazan “ فَاعِلٌ “ kemudian wawu di balik menjadi ya’ karena wawu jatuh di akhir
kalimat dan jatuh setelah kasroh maka menjadi lafad “ غَازِيٌ “ kemudian ya’ di sukunkan karena beratnya domah pada ya’.kemudian
ya’ tersebut dibuang setelan huruf za’ di tanwinkan,karena bertemunya dua sukun
yaitu tanwin dan ya’ maka menjadi lafad “ غَازٍ “
·
Lafad “
رَضِيَ “ berasal
dari lafad “ رَضِوَ “
mengikuti wazan “ فَعِلَ “ wawu di balik menjadi ya’ karena jatuh pada akhir kalimat dan
setelah kasroh maka menjadi lafad “ رَضِيَ “
·
Lafad “ صِيَامٌ “ berasal dari lafad “صِوَامٌ “ mengikuti wazan “ فِعَالٌ “wawu di balik menjadi ya’ karena jatuh diantara harokat kasroh
dan alif dalam masdar yang di i’lal a’in fi’ilnya maka menjadi lafad “ صِيَامٌ “.
# Lafad “ عِوَادٍ “ dan “ جِوَارٍ “ tidak
bisa di i’lal karena pada fi’ilnya {عَاوَدَ dan جَاوَرَ } dia tidak di i’lal #
1.9: KAIDAH KESEMBILAN
وَتُحْذَفُ يَا
وَاوٌ كَصُنْ لإلْتِقَاءِالسَّا كِنَيْنِ
مَقُوْلٌ بَعْدَ نَقْلٍ وَأَهْمِلاَ
“Wawu dan ya’ yang berharokat sukun ketika
keduanya bertemu dengan huruf yang sukun maka wawu dan ya’ tersebut dibuang
karena untuk menolak bertemunya dua sukun dalam satu kalimat seperti contoh
“ صُنْ “ بِعْ“ مَقُوْلٌ “ dan “ مَبِيْعٌ“ yang berasal dari
lafad “ اُصْوُنْ“ إِبْيِعْ“ مَقْوُوْلٌ “ dan “ مَبْيُوْعٌ “.
Hamzah wasol tidak di pasang
pada lafad “ صُنْ “ dan
“ بِعْ “
di karenakan adanya hamzah wasol itu di
datangkan untuk meyelamatkan permulaan lafadz dibaca sukun, sedangkan permulaan
pada lafad “صُنْ“ dan “ بِعْ “ sudah berharokat
setelah memindahkan harokat huruf yang ada setelahnya.
Pengi’lalan:
·
Lafad “ صُنْ “ berasal dari lafad “ أُصْوُنْ “ mengikuti wazan “ أُفْعُلْ “ harokat wawu dipindah pada huruf sebelumnya dikarenakan
lemahnya huruf ilat dan kuatnya huruf sohih menyandang harokat maka menjadi
lafad “ أُصُوْنْ“,kemudian
bertemu dua sukun dengan tanpa adanya pemisah diantara keduanya yaitu sukunnya
wawu dan nun,kemudian wawu dibuang karena untuk menolak bertemunya dua sukun
dalam satu kalimat maka menjadi lafad “ أُصُنْ “ kemudian hamzah wasol yang ada pada lafad tersebut dibuang
karena sudah tidak dibutuhkan {karena huruf awal pada lafad tersebut sudah
berharokat} maka menjadi lafad “ صُنْ “
·
Lafad “ بِعْ “ berasal dari lafad “ إِبْيِعْ “
mengikuti wazan “ إِفْعِلْ“ harokat ya’ dipindah pada huruf sebelumnya dikarenakan
lemahnya huruf ilat menyandang harokat
dan kuatnya huruf sohih menyandang harokat maka menjadi lafad “ إِبِيْعْ “,kemudian bertemu
dua sukun dengan tanpa adanya pemisah diantara keduanya yaitu sukunnya ya’ dan
a’in,kemudian ya’ dibuang karena untuk menolak bertemunya dua sukun dalam satu
kalimat maka menjadi lafad “إِبِعْ “ kemudian hamzah wasol yang ada pada lafad tersebut dibuang
karena sudah tidak dibutuhkan {karena huruf awal pada lafad tersebut sudah
berharokat} maka menjadi lafad “ بِعْ “.
# Pengi’lalan lafad “ مَقُوْلٌ “dan “ مَبِيْعٌ “ akan di
terangkan pada kaidah yang kedua belas #
1.10: KAIDAH KESEPULUH
إِذَا كانَ أَصْلُ
الْوَاوِ وَاليَاءِ سَاكِنَا
فَلاَتَقْلِبَنْ أَلْفًا سِوَى مَا كَأَحْوَلاَ
“Wawu dan ya’ yang keduanya
berharokat sukun {dengan sukun yang asli} itu tidak di balik menjadi alif,akan
tetapi jika sukunnya itu merupakan sukun yang baru {tidak asli} maka wawu dan
ya’ harus dibalik menjadi alif setelah memindahkan harokatnya pada huruf yang
ada pada sebelumnya,hal ini dikarenakan berharokatnya wawu dan ya’ dengan
melihat harokat aslinya dan fathahnya huruf yang ada pada sebelumnya dengan
melihat keadaan yang sekarang seperti contoh “ أَجَابَ“ dan “ أَبَانَ“ yang berasal dari lafad
“ أَجْوَبَ “ dan “ أَبْيَنَ “.
Pengi’lalan:
·
Lafad “ أَجَابَ “ berasal dari lafad “ أَجْوَبَ “ mengikuti wazan “ أَفْعَلَ “ harokat
wawu dipindah pada huruf yang sebelumnya karena lemahnya huruf ilat dan kuatnya
huruf sohih menyandang harokat maka menjadi lafad “ أَجَوْبَ “ kemudian wawu
dibalik menjadi alif karena wawu berharokat dengan melihat asalnya dan
fathahnya huruf yang jatuh sebelum wawu dengan melihat keadaan yang sekarang
maka menjadi lafad “ أَجَابَ “
·
Lafad “ أَبَانَ “ berasal dari lafad “ أَبْيَنَ “
mengikuti wazan “ أَفْعَلَ “ harokat ya’ dipindah pada huruf yang sebelumnya karena
lemahnya huruf ilat dan kuatnya huruf sohih menyandang harokat maka menjadi
lafad “ أَبَيْنَ “ kemudian
ya’ dibalik menjadi alif karena berharokatnya ya’ dengan melihat asalnya dan
fathahnya huruf yang jatuh sebelum ya’ dengan melihat keadaan yang sekarang
maka menjadi lafad “ أَبَانَ “.
1.11.
KAIDAH KESEBELAS
إَذَا مَا اْلتَقَى الْهَمْزَانِ وَالثَّانِى سَاكِنُ كَأَمَنَ فَأقْلِبْ وِفْقَ كَانَ أَوَّلاَ
“Ketika ada dua hamzah berkumpul
dalam satu kalimat dan hamzah yang pertama berharokat sedangkan yang kedua
sukun maka wajib mengganti hamzah yang kedua dengan huruf mad yang sejenis dengan harokat huruf sebelumnya
seperti contoh “ آمَنَ“ أُوْمِنُ“dan “ إِيْمَانًا “ yang berasal dari lafad “
أَأْمَنَ “ أُأْمِنُ “ dan “ إِإْمَانًا “.
Pengi’lalan :
·
Lafad “ آَمَنَ “ berasal dari lafad “ أَأْمَنَ “ mengikuti wazan “
أَفْعَلَ “ hamzah
yang kedua diganti menjadi alif karena berharokat sukun dan jatuh setelah
hamzah yang berharokat fathah maka menjadi lafad “ أَمَنَ “.
·
Lafad “ أُوْمِنُ “ berasal dari lafad “ أُأْمِنُ “ mengikuti wazan “ يُفْعِلُ “ hamzah yang kedua diganti menjadi wawu karena berharokat sukun
dan jatuh setelah hamzah yang berharokat domah maka menjadi lafad “ أُوْمِنُ“
·
Lafad “ إِيْمَانًا “ berasal dari lafad “ إِإمَانًا “ mengikuti wazan “ إِفْعَالاً “ hamzah yang kedua diganti menjadi ya’ karena berharokat sukun
dan jatuh setelah hamzah yang berharokat kasroh maka menjadi lafad “ إِيْمَانًا “.
1.12:
KAIDAH KEDUABELAS
لأُوْلَى الْمَصُوْنِ الْحَذْفَ مَالَ أَبُو الْحَسَنْ وَللِثَانِي مَالَ سِيْبَوَيْهٍ
أَبُوْالْملاَ
وَكَسَرٌ لِفَا الْمَبِيْعِ فَرْقًا لأَوَّلِ وَللِثَانِي أَنْ تَصِحَّ يَا أَنْ
تُبَدَّلاَ
“Isim maf’ul ketika terbentuk
dari bina’ yang mu’tal a’in maka wajib membuang salah satu huruf ilatnya {a’in kalimat asli dan wawu maf’ul} setelah
memindah harokat a’in pada huruf sebelumnya karena untuk menolak bertemunya dua
sukun yang berkumpul dalam satu kalimat seperti contoh “ مَصُوْنٌ “ dan “ مَبِيْعٌ“ berasal
dari lafad “ مَصْوُوْنٌ “ dan “ مَبْيُوْعٌ “.
# Menurut imam sibawaih yang
dibuang adalah wawu maf’ulnya,sedangkan menurut imam abu al-ahsan al-akhfas
yang dibuang adalah a’in kalimatnya #
Pengi’lalan:
·
Lafad “مَقُوْلٌ “
berasal dari lafad “ مَقْوُوْلٌ “ mengikuti wazan “مَفْعُوْلٌ “ harokat wawu dipindah pada huruf sebelumnya karena lemahnya
huruf ilat dan kuatnya huruf sohih untuk menyandang harokat maka menjadi lafad “ مَقُوْوْلٌ“kemudian bertemu dua sukun dengan tanpa pemisah diantara
keduanya yaitu sukunnya dua wawu,kemudian wawu yang kedua dibuang menurut imam
sibawaih,dan pembuangan wawu yang pertama menurut imam akhfas karena untuk
menolak bertemunya dua sukun maka menjadi lafad “ مَقُوْلٌ “
·
Lafad “مَبِيْعٌ
“ berasal dari lafad “ مَبْيُوْعٌ “ mengikuti wazan “ مَفْعُوْلٌ “ harokat ya’ dipindah pada huruf selumnya karena lemahnya
huruf ilat dan kuatnya huruf sohih menyandang harokat maka menjadi lafad “ مَبُيْوْعٌ“ kemudian bertemu dua
sukun dengan tanpa pemisah diantara keduanya yaitu sukunnya ya’ dan
wawu,kemudian wawu dibuang menurut imam sibawaih karena untuk menolak
bertemunya dua sukun dalan satu kalimat maka menjadi lafad “ مَبُيْعٌ “ kemudian domahnya
ba’ diganti menjadi kasroh karena untuk memantasi huruf ya’ maka menjadi lafad
“مَبِيْعٌ “
sedangkan menurut imam al-akhfas huruf ya’ dibuang karena untuk menolak
bertemunya dua sukun maka menjadi lafad “ مَبُوْعٌ “kemudian domahnya huruf ba’ diganti menjadi kasroh untuk
membedakan antara bina’ ajwaf ya’i dan ajwaf wawi maka menjadi lafad “ مَبِوْعٌ“ kemudian wawu diganti menjadi ya’ karena wawu berharokat sukun
yang jatuh setelah kasroh maka menjadi lafad “ مَبِيْعٌ “
1.13:
KAIDAH KETIGA BELAS
إِذَااَلْوَاوُ طَرْفَ بَعْدَ ضَمٍّ
تَعَا طُوَا فَقْلِبْهُ يَا فَالضَمَّ
بِالْكَسْرِ بِدِّلاَ
“Ketika wawu jatuh setelah domah pada akhir
kalimat dalam isim yang mutamakkin {mu’rob} maka wawu tersebut diganti menjadi ya’
dan harokat domah diganti dengan kasroh karena untuk menyesuaikan dengan huruf ya’
seperti contoh “ تَعَاطِيًا“ dan “ تَعَزِّيًا“ yang berasal dari lafad “ تَعَاطُوًا“ dan “ تَعَزُّوًا “
Pengi’lalan:
·
Lafad “ تَعَاطِيًا “ berasal dari lafad “ تَعَاطُوا
ً “ mengikuti wazan “ تَفَاعُلاً “ wawu diganti menjadi ya’ karena jatuh setelah harokat domah
dan berada pada akhir kalimat dalam isim yang mutamakkin maka menjadi lafad “ تَعَاطُيًا “ kemudian domahnya to’ diganti
menjadi kasroh karena untuk menyesuaikan huruf ya’ maka menjadi lafad “ تَعَاطِيًا “.
·
Lafad “ تَعَزِّيًا “ berasal dari lafad “ تَعَزُّوًا “ mengikuti wazan “ تَفَعُّلاً “ wawu diganti menjadi ya’ karena jatuh setelah harokat domah
dan berada pada akhir kalimat dalam isim yang mutamakkin maka menjadi lafad “ تَعَزُّيًا “ kemudian domahnya za’ diganti
menjadi kasroh karena untuk menyesuaikan huruf ya’ maka menjadi lafad “ تَعَزِّياً “.
1.14:
KAIDAH KEEMPAT BELAS
وَأَذْغِمْ لأُوْلَى الْحَرْفِ الْثَانِي بِكِلْمَةٍ إِذَا اتَّحَدَ جِنْسًا وَثَقِّلْ وَرَتِّلاَ
“Apabila ada dua huruf yang sama
yang satu jenis berkumpul dalam satu kalimat maka wajib mengidgomkan huruf yang
pertama pada huruf yang kedua setelah mensukunkan huruf yang pertama {jika
huruf tersebut berharokat} seperti contoh “ مَدَّ“ يَمُدُّ“ dan “ مَدًّا “ yang berasal dari lafad “ مَدَدَ “ يَمْدُدُ “ dan “ مَدْدًا “.
Pengi’lalan:
·
Lafad “ مَدَّ “ berasal dari lafad “ مَدَدَ “ mengikuti wazan “ فَعَلَ “ kemudian dal yang pertama disukunkan karena merupakan syarat
idgom maka menjadi lafad “ مَدْدَ “ kemudian dal yang pertama diidgomkan pada dal yang kedua
karena satu jenis maka menjadi lafad “ مَدَّ “
·
Lafad “ يَمُدُّ “ berasal dari lafad “ يَمْدُدُ “ mengikuti wazan “ يَفْعُلُ “ kemudian harokat dal yang pertama dipindah pada huruf
sebelumnya karena merupakan sarat idgom maka menjadi lafad “ يَمُدْدُ “ kemudian dal yang
pertama di idgomkan pada dal yang kedua karena satu jenis maka menjadi lafad “ يَمُدُّ “
·
Lafad “ مُدَّ “ berasal dari lafad “ أُمْدُدْ “ mengikuti wazan “ أُفْعُلْ “ kemudian harokat dal yang pertama di pindah pada huruf
sebelumnya karena merupakan sarat idgom maka menjadi lafad “ أُمُدْدْ “ kemudian bertemu
antara dua sukun dengan tanpa pemisah diantara keduanya yaitu sukunnya dua dal
yang tidak mungkin untuk dibuang salah satunya maka dal yang kedua di harokati
fathah karena untuk meringankan atau ikut pada asalnya,atau diharokati dengan
domah karena ikut pada harokat fa’ kalimat dan untuk menolak bertemunya dua sukun
maka menjadi lafad “ أُمُدْدَ “ أُمُدْدِ “أُمُدْدُ “ kemudian dal yang pertama di idgomkan pada dal yang kedua
maka menjadi lafad “ أُمُدَّ “kemudian hamzah wasolnya dibuang karena sudah tidak dibutuhkan
maka menjadi lafad “ مُدَّ “
# PEMBAHASAN IDGOM #
Hukum hukum idgom:
1. Wajib
idgom:
a. Dalam dua huruf yang satu jenis
dalam satu alimat baik adanya dua huruf tersebut berharokat semua seperti
contoh” مَرَّ “dan” يَمُرُّ “berasal dari lafad “ مَرَرَ “dan” يَمْرُرُ “ atau adanya huruf yang pertama sukun dan huruf yang kedua
berharokat seperti contoh “مَدًّا “ berasal dari lafad “مَدْدًا “,maka jika adanya huruf yang pertama itu
sukun maka boleh di idgomkan pada huruf yang kedua dengan tanpa perubahan
seperti contoh “عَضًّا “ berasal dari lafad “ عَضْضًا “,ketika adanya huruf yang pertama itu berharokat maka harokat
tersebut di buang kemudian diidgomkan {ini ketika adanya huruf yang jatuh sebelumnya berharokat atau di
dahului huruf mad seperti contoh “ رَدَّ “ dan “رَادٍّ “ berasal dari lafad “رَدَدَ “ dan “رَادِدٌ“,maka jika adanya huruf
yang jatuh sebelumnya berharokat sukun maka harokat huruf pertama harus
di pindah pada huruf sebelumnya seperti contoh “يَمُدُّ “ berasal dari lafad
“يَمْدُدُ “.
b. Dalam dua macam lafad yang
saling berdampingan {ketika adanya akhir lafad yang pertama berharokat sukun}
dan adanya dua lafad tersebut seperti satu kalimat seperti contoh “ سَكَتُّ“ سَكَنَّا “اُكْتُبْ بِا لْقَلَمْ “قُلْ لَهُ “.Hanya saja jika adanya lafad yang kedua berupa domir maka
wajib idgom secara lafad dan tulisan,jika lafad yang kedua tidak berupa domir
maka wajib idgom secara lafad bukan dalam tulisan.
2. Boleh idgom:
a.
Ketika
adanya huruf yang pertama berharokat dan huruf yang kedua sukun {dengan sukun
yang baru dikarenakan jazem atau semisalnya}seperti contoh “ لَمْ يَمُدَّ “ dengan idgom,maka
boleh di ucapkan “لَمْ يَمْدُدْ “ dan “اُمْدُدْ “ tanpa idgom.Pembacaan dengan tanpa idgom itu lebih baik dari
pada dengan idgom seperti contoh dalam ayat Al-qur’an “ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِئُ وَلوْلَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌ “
dan “ وَاشْدُدْ عَلَى قُلُوْ بِهِمْ “.Adanya harokat huruf yang kedua dari dua
macam huruf yang di idgomkan dalam fi’il mudori’ yang di jazemkan dan fi’il
amar,yang kedua fi’il tersebut tidak bersambung dengan sesuatu {wawu
jama’,alif tatsniah dan ya’ muannats mukhotobah} itu tidak ikut pada
harokat fa’ fi’ilnya.
@.
Huruf akhir dari lafadz yang fa’ kalimatnya dibaca domah boleh dibaca fathah, domah
dan kasroh seperti contoh “لَمْ يَمُدَّ “ لَمْ يَمُدِّ “ dan “ لَمْ يَمُدُّ “
@.
Huruf akhir dari lafad yang fa’ kalimatnya di baca fathah boleh di baca fathah
dan kasroh seperti contoh “ لَمْ يَعَضَّ“ dan “ لَمْ يَعَضِّ “.
@.
Huruf akhir dari lafad yang fa’ kalimatnya di baca kasroh boleh di baca fathah
dan kasroh seperti contoh “ لَمْ يَفِرَّ“ dan “ لَمْ يَفِرِّ “. Maka i’rob jazem fi’il mudori’ nya itu dengan sukun yang
dikira-kirakan pada akhir kalimat.{tidak boleh menampakkan harokat idghom}.
b. Adanya a’in dan lam kalimat
berupa huruf ya’ yang lazim dan ya’ yang kedua berharokat seperti contoh “ عَيِيَ “ dan “ حَيِيَ “ maka menjadi lafad
“ عَيَّ “ dan “ حَيَّ “.
c. Ketika dalam permulaan fi’il
madhi terdapat dua ta’ seperti contoh “ تَتَابَعَ “dan “ تَتَبَّعَ “ maka boleh idghom dengan menambahkan hamzah wasol pada permulaannya karena untuk mencegah awal
kalimat dibaca sukun seperti contoh “ إِتَّابَعَ “dan “ إِتَّبَّعَ “.
d. Adanya dua huruf yang
sama,berharokat dalam dua kalimat seperti contoh “ جَعَلَ لِي “ dan “ وَكَتَبَ بِالْقَلَمْ “.maka
boleh idghom dengan mensukunkan huruf yang pertama seperti contoh “ جَعَلْ لِي “dan “ كَتَبْ بِالْقَلَمْ “ {boleh
idghom dalam lafad bukan tulisan }.
3. Pencegahan idghom:
a. Dua huruf yang sama yang
terdapat pada awal kalimat seperti contoh” دَدَنٍ “ dan “ تَتَرٍ “.
b. Kalimat isim yang mengikuti
wazan “ فُعَلٍ “ فُعُلٍ “ فَعَلٍ “dan “ فِعَلٍ “ seperti contoh “ جُدَدٍ “ سُرُرٍ “ طَلَلٍ “ dan “ حِلَلٍ “.
c. Adanya dua huruf yang sama
merupakan huruf tambahan untuk ilkhaq {penyamaan } baik adanya huruf
tambahan itu merupakan salah satu dari dua huruf yang sama seperti contoh” جَلْبَبَ “ atau bukan seperti
contoh “ هَيْلَلَ “.
d. Adanya huruf yang pertama dari
dua huruf yang sama itu sudah diidghomkan seperti contoh “ شَدَّدَ “ dan “ مُشَدِّدٌ “.
e.
Adanya dua huruf yang sama mengikuti wazan “ أَفْعِلْ “ {fi’il
ta’ajjub}seperti contoh “ أحْبِبْ بِهِ “.
f.
Salah satu dari dua huruf yang sama tersebut berharokat sukun akan
tetapi bukan merupakan sukun yang asli {sukun yang disebabkan karena bertemu
dengan dhomir mutakharrik makhal rofa’}seperti contoh “ مَدَدْتُ “ dan “ مَدَدْنَا “ .
g.
Huruf yang pertama pada fi’il mudhori’ berupa dua huruf ta’ yang sama
seperti contoh “ تَتَوَقَّفُ “ { lafad tersebut boleh dibaca ringan dengan membuang salah satu
ta’ nya.contoh “ تَوَقَّفُ “.
1.15:
KAIDAH KELIMA BELAS
إِذَ وَقَعَتْ وًا بَعْدَ كَسْرٍ
تَسَكَّنَتْ تَصِرْ بًا كَقِيْلَ بَعْدَ
نَقْلٍ فِي قُوِلَ
“Ketika wawu yang berkharokat sukun jatuh
setelah kasroh maka wawu dibalik menjadi ya’ seperti contoh “ مِيْعَادٌ“ dan “ مِيْزِانٌ “ berasal dari lafad “ مِوْعَادٌ “ dan “ مِزْوَانٌ“.
Pengi’lalan:
·
Lafad “ مِيْعَادٌ “ berasal dari lafad “ مِوْعَادٌ “ mengikuti wazan ” مِفْعَالٌ “ wawu dibalik menjadi ya’ karena dia berkharokat sukun yang
jatuh setelah kasroh maka menjadi lafad “ مِيْعَادٌ “.
·
Lafad “ قِيْلَ “ berasal dari lafad “ قُوِلَ “ mengikuti wazan “فُعِلَ
“ kharokat wawu dipindah pada huruf sebelumnya setelah membuang harokat huruf sebelumnya karena beratnya mengucapkan
dhommah yang jatuh sebelum kasroh maka
menjadi lafad “ قِوْلَ “ kemudian wawu dibalik menjadi ya’ karena dia berkharokat
sukun dan jatuh setelah kasroh maka menjadi lafad “ قِيْلَ “.
1.16:
KAIDAH KEENAM BELAS
وَإِنْ وَقَعَتْ يًا بَعْدَ ضَمٍّ
تَسَكَّنَتْ فَتَقْلِيْبُهَا وَاوًا
كَيُوْقِنُ ذُوْالْعُلاَ
“Ketika ya’ berharokat sukun
jatuh setelah dhomah pada selain jama’ yang mengikuti wazan “ فُعْلٍ “ maka ya’ dibalik menjadi wawu seperti contoh “ يُوْقِنَ“ dan “ يُوْسِرُ “ berasal dari lafad
“ يُيْقِنُ
“ dan “ يُيْسِرُ“.
{ Jika ya’ tersebut berada pada
jama’ yang mengikuti wazan “ فُعْلٍ“ maka ya’ tidak dibalik menjadi wawu akan tetapi harokat dhomah
yang berada sebelum ya’ diganti menjadi kasroh karena untuk menyesuaikan dengan
huruf ya’.contoh “ بِيْضٌ “ dan “ هِيْمٌ“ berasal dari lafad “ بُيْضٌ “ dan “ هُيْمٌ “}
{Setiap lafad yang mengikuti
wazan “ أَفْعَلَ“ dan “ فُعْلاَءَ “ yang berupa sifat
musabbihat itu dijama’kan dengan mengikuti wazan “ فُعْلٍ“}
Pengi’lalan:
·
Lafad “ يُوْقِنُ “
berasal dari lafad “ يُيْقِنُ “ mengikuti wazan “ يُفْعِلُ “ ya’ dibalik menjadi wawu karena ya’ berharokat sukun dan
jatuh setelah dhomah maka menjadi lafad “ يُوْقِنُ“
·
Lafad “ نَهُوَ “
berasal dari lafad “ نَهُيَ “ mengikuti wazan “ فَعُلَ“ ya’ dibalik menjadi wawu karena ya’ jatuh pada lam fi’il yang
mengikuti wazan “ فَعُلَ “ maka menjadi lafad “ نَهُوَ“.
# Ya’ dibalik menjadi wawu juga
terjadi ketika ya’ bertempat pada lam fi’il yang mengikuti wazan “ فَعُلَ“.contoh “ نَهُوَ “ dan “ قَضُوَ“ berasal
dari lafad “ نَهُيَ “ dan “ قَضُيَ “#
1.17:
KAIDAH KETUJUH BELAS
وَأَبْدِلْ بِطَاءٍ تَا افْتَعَلْ إِنْ بِفَائِهِ حُرُوْفٌ لإِطْباَقٍ ثُمَّ اقْلِبْ
وَثَقِّلاَ
“Ketika fa’ fi’ilnya wazan “ إِفْتَعَلَ “ berupa salah satu
dari huruf itbaq {“ الصَاد“ الضَاد “ الطَاء “ dan “ الظَاء“} maka diganti dengan huruf tho’ karena sulitnya mengucapkan
huruf ta’ setelah huruf tersebut”
# huruf ta’ diganti menjadi to’
karena kedua huruf tersebut saling berdekatan dalam makhroj seperti cotoh
“ إِصْطَلَحَ “ إِضْطَرَبَ “ إِطَّعَنَ “ dan
“ إِضْطَلَمَ “ yang berasal
dari lafad “ إِصْتَلَحَ “ إِضْتَرَبَ “ إِطْتَعَنَ “ dan “ إِظْتَلَمَ “ #
Dan setelah pergantian tersebut
di bolehkan idghom,maka lafad “ إِصْطَلَحَ
“ boleh di ucapkan “ إِصَّلَحَ “ إِطَّلَعَ “
Pengi’lalan:
·
Lafad “ إِصْطَلَحَ “
berasal dari lafad “ إِصْتَلَحَ “ mengikuti wazan “ إِفْتَعَلَ “ ta’ dibalik menjadi to’ karena sulitnya mengucapkan ta’ yang
jatuh setelah huruf itbaq maka menjadi lafad “ إِصْطَلَحَ “.
·
Lafad “ إِضْطَرَبَ “ berasal dari lafad “ إِضْتَرَبَ “ mengikuti wazan “ إِفْتَعَلَ “ ta’ dibalik menjadi to’ karena sulitnya mengucapkan ta’ yang
jatuh setelah huruf itbaq maka menjadi lafad “ إِضْطَرَبَ “.
1.18:
KAIDAH KEDELAPAN BELAS
وَإِنْ كَانَ دَالاً ذَالاً زَاياً قَلَّبْتَهَا بِدَالٍ وَجَازَ الْقَلْبُ بَعْدُ بِمَا
تَلاَ
“Ketika fa’ fi’ilnya wazan
“ إِفْتَعَلَ “ berupa huruf {“ دَالْ “ ذَال “ dan “ زَاء “} maka ta’ yang
terdapat pada wazan tersebut di rubah menjadi “
دَال “ karena sulitnya mengucapkan huruf ta’ yang jatuh setelah
salah satu huruf tersebut,karena saling berdekatan dalam makhroj”
Dan setelah pergantian tersebut
di perbolehkan idghom, contoh “ إِدَّرَأَ “ إِذْدَكَرَ “ dan “ إِزْدَجَرَ “ yang aslinya “ إِدْتَرَأَ “ إِذْتَكَرَ “ dan “ إِزْتَجَرَ “.
Pengi’lalan:
·
Lafad “
إِدَّرَأَ“ berasal
dari lafad “ إِدْتَرَأَ “ mengikuti wazan “ إِفْتَعَلَ “ ta’ di ganti
menjadi dal karena sulitnya mengucapkan
ta’ yang jatuh setelah dal maka menjadi lafad “ إِدْدَرَأَ “ kemudian dal yang
pertama di idghomkan pada dal yang kedua karena satu jenis maka menjadi “ إِدَّرَأَ“.
·
Lafad “ إِذْدَكَرَ “ {“ إِذَّكَرَ “ dan “ إِدَّكَرَ “} berasal dari lafad “إِذْتَكَرَ “ mengikuti wazan “ إِفْتَعَلَ “ ta’ di ganti
menjadi dal karena sulitnya mengucapkan
ta’ yang jatuh setelah dzal maka menjadi lafad “ إِذْدَكَرَ “ kemudian dal
diganti dzal atau dzal diganti dal karena kedua huruf itu saling berdekatan
dalam makhroj maka menjadi lafad “ إِذْذَكَرَ “ atau “ إِدْدَكَرَ “ kemudian huruf yang pertama di idghomkan pada huruf yang
kedua karena satu jenis maka menjadi lafad “ إِذَّكَرَ “ atau “ إِدَّكَرَ “.
1.19:
KAIDAH KESEMBILAN BELAS
وَإِنْ كَانَ وَا
يَا ثَاءً فَأقْلِبْ لَهَا بِالتَّا
وَأَبْدِلْ جَوَازًا بِالتَاءِ تَا كَمَا قِيْلاَ
“Ketika fa’ fi’il wazan “ إِفْتَعَلَ“ berupa huruf {“ وَاوُ “ يَاءْ“ atau “ ثَاءْ “} maka di ganti dengan ta’ karena sulitnya mengucapkan huruf
lain {“ يَاءْ“ dan “ وَاوُ“} yang sukun jatuh sebelum ta’ dan karena sulitnya mengucapkan
tsa’ sebelum ta’,akan tetapi boleh mengganti ta’ menjadi tsa’ pada kalimat yang
fa’ fi’ilnya berupa tsa’ karena dua huruf tersebut { ta’ dan tsa’} satu jenis
dalam mahmussah nya seperti contoh “ اِتَّصَلَ “ اِتَّسَرَ “ dan “ اِتَّغَرَ “ { اِثَّغَرَ } berasal dari lafad
“ اِوْتَصَلَ “ اِيْتَسَرَ “ dan “ اِثْتَغَرَ “ { اِثْتَغَرَ }
Pengi’lalan:
·
Lafad “ اِتَّصَلَ “ berasal dari lafad “ اِوْتَصَلَ “
mengikuti wazan “ اِفْتَعَلَ “ wawu dibalik menjadi ta’ karena sulitnya mengucapkan Lain
yang sukun yang jatuh sebelum ta’ maka menjadi lafad “ اِتْتَصَلَ “ kemudian ta’ yang
pertama di idghomkan pada ta’ yang kedua maka menjadi lafad “ اِتَّصَلَ “
·
Lafad “ اِتَّسَرَ “ berasal dari lafad “ اِيْتَسَرَ “
mengikuti wazan “ اِفْتَعَلَ “ ya’ dibalik menjadi ta’ karena sulitnya mengucapkan Lain
yang sukun yang jatuh sebelum ta’ maka menjadi lafad “ اِتْتَسَرَ “ kemudian ta’ yang
pertama di idghomkan pada ta’ yang kedua maka menjadi lafad “ اِتَّسَرَ “
·
Lafad “ اِتَّغَرَ “ { اِثَّغّرّ }berasal dari lafad “ اِثْتَغَرَ “
mengikuti wazan “ اِفْتَعَلَ “ tsa’ dibalik menjadi ta’ {ta’ diganti tsa’} karena kedua
huruf tersebut satu jenis dalam huruf Mahmusah kemudian ta’ {tsa’} yang
pertama di idghomkan pada yang kedua karena satu jenis maka menjadi lafad “ اِتَّغَرَ “ {“ اِثَّغَرَ “}.
1.20:
KAIDAH KEDUA PULUH
إِذَا كَانَ يَاءٌ
لاَمَ فَعْلَى اِسْمًا أَبْدِلِ بِوَاوٍ
كَتَقْوَى غَالِبًا جَاكَ الْبَدَلاَ
“Ya’ dibalik menjadi wawu ketika
ya’ jatuh pada lam isim yang mengikuti wazan “ فَعْلَى “ {secara umum}
seperti contoh “ تَقْوَى “ dan “ فَتْوَى “ berasal dari lafad “ تَقْيَا “ dan “ فَتْيَا “.
# Terkadang ya’ tidak di balik
menjadi wawu,dalam contoh “ دَعْوَى “.Ketika ya’ jatuh pada lam isim dalam sifat maka ya’ itu tidak
dibalik menjadi wawu,contoh “ خَزْيَا “ bentuk mu’annats dari lafad “ خَزَيَانَ “ #
Pengi’lalan:
·
Lafad “ تَقْوَى “
berasal dari lafad “ تَقْيَا “ mengikuti wazan “ فَعْلَى “ ya’ dibalik menjadi wawu karena berada pada lam isim kalimat
yang mengikuti wazan “ فَعْلَى “ maka menjadi lafad “ تَقْوَى “
·
Lafad “فَتْوَى “
berasal dari lafad “فَتْيَا “ mengikuti wazan “ فَعْلَى “ ya’
dibalik menjadi wawu karena berada pada lam isim kalimat yang mengikuti wazan “فَعْلَى “ maka menjadi lafad
“فَتْوَى “
1.21:
KAIDAH KEDUA PULUH SATU
إِذَا كَانَ وَاوٌ
لاَمَ فُعْلَى وَصْفًا أَبْدِلِ بِيَاءٍ
كَعُلْيَا فَأعْلَمُوْا يَامُعَلِّلاَ
“Ketika wawu jatuh pada lam kalimat yang ikut pada wazan “ فُعْلَى “ yang berupa sifat maka dibalik
menjadi ya’ seperti contoh “ عُلْيَا “ dan دُنْيَا “ berasal dari lafad “ عُلْوَا “ dan “ دُنْوَا “.
# Ketika wawu jatuh pada lam
isim wazan “ فُعْلَى “ maka wawu tidak dibalik menjadi ya’ seperti lafad “ خُزْوَى “.
Pengi’lalan:
·
Lafad “عُلْيَا
“ berasal dari lafad “ عُلْوَا “ mengikuti wazan “ فُعْلَى “ wawu di balik
menjadi ya’ karena jatuh pada lam wazan “فُعْلَى “ dalam sifat maka menjadi lafad “عُلْيَا “
·
Lafad “دُنْيَا “ berasal dari lafad “دُنْوَا “
mengikuti wazan “ فُعْلَى “ wawu di balik menjadi ya’ karena jatuh pada lam wazan “فُعْلَى “ dalam sifat maka
menjadi lafad “دُنْيَا “.
1.22:
KAIDAH KEDUA PULUH DUA
Alif dibalik menjadi ya’ pada
empat tempat:
1. Ketika alif
jatuh setelah ya’ tasghir .contoh “ غُزيِّلٌ “{“ غَزَالٌ“},dan “كُتيِّبٌ “{“كِتَابٌ “}
2. Ketika alif
jatuh pada No empat atau lebih dan bersambung dengan dhomir tatsniah,dhomir
mutakharrik makhal rofa’ dalam kalimat fi’il atau alif tatsniah dalam isim baik
adanya alif itu gantian dari wawu ataupun ya’.contoh “يَرْضَيَانِ “أَعْطَيَا “ يَسْعَيَانِ “أَخْفَيْتُ “ dan “مُعْطَيَانِ “ yang berasal dari lafad “يَرْضَوَانِ “ {“يَرْضَاانِ “} ”أَعْطَوَا “ {“أَعْطَاا “} “يَسْعَاانِ “اَخْفَاتُ “ dan “مُعْطَوَانِ “ {“مُعْطَاانِ “}.
3. Ketika alif
jatuh pada No tiga yang aslinya adalah ya’ dan bersambung dengan dhomir
mutakharik makhal rofa’ dan alif tatsniah.contoh “سَعَيْتُ “ {“سَعَى “} dan “سَعَيَا “ {“ سَعَى “}.
4. Ketika
alif jatuh setelah kasroh.contoh “مَصَابِيْحَ “ berasal dari lafad “مَصَابِاحَ “ {“مِصْبَاحٌ “}.
Pengi’lalan:
·
Lafad “ مَصَابِيْحَ “ berasal dari lafad “مَصَابِاحَ
“ mengikuti wazan “مَفَاعِيْلَ “ alif di
balik menjadi ya’ karena
jatuh setelah kasroh
maka menjadi lafad “مَصَابِيْحَ “.
·
Lafad “غُزَيِّلٌ
“ berasal dari lafad “غُزَيْالٌ “ mengikuti wazan “فُعَيْعِلٌ
“ alif di balik menjadi
ya’ karena jatuh setelah ya’ tasghir maka menjadi lafad “غُزَيْيِلٌ “ kemudian ya’ yang
pertama di idghomkan pada ya’ yang kedua karena satu jenis maka menjadi lafad “غُزَيِّلٌ “.
Alif di balik menjadi wawu pada
dua tempat:
1. Ketika alif
jatuh setelah dhomah.contoh “بُوْيِعَ “ dan “ضُوْرِبَ “ berasal dari lafad “بُايِعَ “ dan “ضُارِبَ “
2. Ketika alif
jatuh pada No tiga,yang aslinya adalah wawu dan bersambung dengan dhomir
mutakharik makhal rofa’ atau dengan alif tatsniah.contoh “ دَعَوْتُ “ dan “دَعَوَا “.
Pengi’lalan:
·
Lafad “بُوْيِعَ “ berasal dari lafad “بُايِعَ “
mengikuti wazan “فُوْعِلَ “ alif di balik menjadi wawu karena jatuh setelah
dhomah maka menjadi lafad “بُوْيِعَ “.
·
Lafad “ضُوْرِبَ “
berasal dari lafad “ضُارِبَ “ mengikuti wazan “فُوْعِلَ “ alif di balik
menjadi wawu karena jatuh setelah dhomah maka menjadi lafad “ضُوْرِبَ “.
Penyempurnaan
i’lal
1. Lafad “إِتَّخَذََ “ berasal dari lafad
“إِإتَخَذَ “ mengikuti wazan “إِفْتَعَلَ
“
hamzah yang kedua diganti menjadi ya’ karena dia jatuh setelah kasroh dan
berharokat sukun maka menjadi lafad “إِيْتَخَذَ “ kemudian ya’ diganti menjadi ta’ karena
sulitnya mengucapkan huruf Lain yang sukun dan jatuh sebelum ta’ maka menjadi
lafad “إِتْتَخَذَ “ kemudian ta’ yang pertama di idghomkan pada
ta’ yang kedua maka menjadi lafad “إِتَّخَذَ
“.
2. Lafad “إِقَامَةً “ berasal dari lafad “إِقْوَامًا “ mengikuti wazan “إِفْعَالاً “ harokat wawu di pindah pada huruf sebelumnya karena lemahnya
huruf ilat dan kuatnya huruf sohih menyandang harokat maka menjadi lafad “إِقَوْامًا “ kemudian bertemu dua sukun {sukunnya wawu
dan alif} maka wawu di buang untuk menolak bertemunya dua sukun,kemudian di
ganti dengan ta’ pada akhir kalimatnya maka menjadi lafad “ إِقَامَةً “.
وَتَمَّ بِحَمْدِالله أَشْمَلَ حَمْدِهِ
وَصَلَّى بِتَسْلِيْمٍ عَلَى أَشْفَعِ الْمَلاَ
مُحَمَّدٍ الْمَحْمُوْدِ وَالأَلِ صَحْبِهِ وَكُلُّ هُدَاةِ الدِّيْنِ دِيْنٍ تَكَمَّلاَ
كتبه
الفقير إلى رحمة ربه محمد طيّب عثمان الجمفراجي
8 comments :
terima kasi sangat bermanfaat semoga jd amal jariyah
Izin copas dgn menyertakan sumber
Bismillah, Pak ini matannya tulisan sendiri?
Izin copas dan print
Dulu ada bab "KITABATUL HAMZAH" (Cara Menulis Hamzah) itu di kitab apa ya?
Mohon jawaban, terimakasih.
Izin Copas dan Print
Qowaidul shorfiyah #cmiw
Ustadz Mohon izin copy buat dipelajari dan mengajarkan kepada yang memerlukan bukan untuk komersial, semoga Allah membalasnya dengan kebarokahan buat ustadz saya juga izin mengcopy panduan belajar amtsilatut tashrif (Ilmu Sorof) (Hormat Kami Ismail)
Post a Comment