www.arifusan.esy.es. Powered by Blogger.

Saturday 29 October 2016



Peristiwa Lahirnya Sumpah Pemuda 1928. Pada tahun 1926 merupakan awal dari peristiwa sejarah lahirnya sumpah pemuda 1928. Mulanya berwal dari para tokoh PPPI (Perhimpunan pelajar-pelajar Indonesia) serta para cendikiawan yang mengemukakan idenya mengenai masalah untuk menyatukan seluruh organisasi berbasis pemuda yang ada di Indonesia.
Pertemuan yang diadakan telah berlangsung selama 1 tahun sejak tahun 1926, hingga akhirnya diperoleh hasil tepat pada tanggal 20 Februari 1927. Tepat pada bulan Mei tahun 1928 pertemuan diadakan kembali dan berlanjut pada pertemuan selanjutnya pada tanggal 12 Agustus 1928 yang merupakan pertemuan terakhir. Pertemuan terakhir tersebut juga dihadiri oleh seluruh barisan Organisasi pemda yang ada di Indonesia. Dari pertemuan tersebut akhirnya dihasilkan keputusan yakni akan diadakan kongres pada bulan Oktober mendatang. Sementara itu, untuk susunan panitianya adalah masing-masing organisasi memiliki satu jabatan.
Sejarah lahirnya sumpah pemuda 1928 dilanjutkan dengan menyusun panita kongres pada bulan Agustus yang semua organisasi pemuda juga terlibat didalamnya. Selain organisasi PPPI, organisasi lain juga terlibat, diantaranya seperti Jong Java, Jong Celebes, Jong Soematranen Bond, dan Organisasi lainnya. Sementara itu, tokoh-tokoh yang juga terlibat di dalamnya adalah J.Leimena, Muhammad Yamin, Serta Sugondo Djojopuspito.
Peristiwa sejarah lahirnya sumpah pemuda 1928 tersebut juga mengungkapkan bahwa kongres pemuda yang terjadi berlangsung dalam kurun waktu 2 hari, yakni tepat pada tanggal 27 hingga 28 Oktober 1928. Lagu Indonesia Raya yang merupakan ciptaan dari W.R Supratman merupakan salah satu lagu kebangsaan yang juga dinyanyikan saat penutupan rapat. Namun bedanya lagu tersebut hanya dimainkan instrumennya saja.
Dari hasil kongres tersebut akhirnya dihasilkan sebuah rumusan Sumpah Pemuda. Moehammad Yamin merupakan penulis dari teks Sumpah Pemuda ini. RUmusan Sumpah Pemuda itu juga telah disetujui oleh Soegondo Djojopuspito yang merupakan ketua dari kongres ini. RUmusan Sumpah Pemuda ini akhirnya dibacakan oleh Soegondo, dan Moehammad Yamin pun turut berperan memberikan keterangan secara detail.

Berikut adalah bunyi dari teks sumpah pemuda.

  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
  3. Kami Putra dan putrid Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia
Teks Sumpah Pemuda versi doelu (original teks)

Soempah Pemoeda
Pertama
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia
Kedoewa
Kami Poetra dan Poetri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Kami Poetra dan poetri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Demikian semoga artikel peristiwa sejarah lahirnya sumpah pemuda 1928 tersebut bermanfaat.
 

Artikel Terkait

Categories:

0 comments :