www.arifusan.esy.es. Powered by Blogger.

Thursday 19 April 2018



Suasana TPQ dan Madin Nurur Rohmah Kabunan

Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Diniyah dan TPQ Nurur Rohmah Kabunan


A. Teks Pembawa Acara


السلام عليكم ورحمة الله و براكاته
اعوذب الله من الشطن الرجيم. بسم الله الرحمن الرحيم. الحمدلله الذي جعلنا ب الايمان كا ملين, وافهمنا بشر ئع الدين, والصلاة والسلام على سيد نا المرسلين, محد صلى الله عليه   و سلم خا تمى النبيين, وعلى اله وصحبه اجمعين. اما بعد.

Kepada teman-temanku santriawan dan santriwati yang saya cintai,
Bapak Ibu sohibul haja yang saya mulyakan,
ustadz-ustadzah yang sangat kami hormati.
Marilah kita bersama-sama bersyukur keharidarat ilaihi Robbi, karena hanya dengan Rahmat, nikmat dan Taufik serta hidayahnya semata, kita sekalian bisa berkumpul di sini untuk melaksanakan kegiatan rutinan “DARESLENG”.
Para santriawan dan santriwati, TPQ dan madin Nurur Rohmah yang dipimpin oleh wakil dari Almarhumah Ibu Yatimurrohmah,  mudah-mudahan pengajian ini nantinya disertahi taufik serta hidayah Allah, Amiin.
Dan hanya dengan rahmatNya lah, kita dapat melaksanakan pengajian rutinan pada setiap bulan sekali.
Sholawat serta salam, semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi  Besar Muhammad SAW bersama para keluarganya serta sahabatnya dan semua orang-orang yang tetap mengikuti jejak ajaran beliau.
Hadirin yang dimulyakan Allah, tiada patut bagi kami apabilah terlalu banyak bicara, oleh karena itu untuk menyingkat waktu, kami akan sampaikan beberapa susunan acara pada siang hari ini, sebagai berikut:
1. Pembukaan
2. Sambutan dari tuan rumah
3. Sambuatan dari teman untuk mewakili santri
4. Bacaan sholawat
Dan sekarang marilah kita buka dengan bacaan surat al-fatikhah بِنِيَّةِالدُّعَاءْبِرِضَاءِالله,الفَاتِحَه
Terimakasih atas bacaan surat alfatikhah tadi, semoga acara yang kita laksanakan pada siang hari ini berjalan lancar tanpa ada halangan suatu apapun.
Acara yang ke-2 yaitu sambutan dari tuan rumah, dalam hal ini akan disampaikan oleh ........, kepadanya dipersilahkan.
Saya ucapkan terimakasih atas sambuatan dari tuan rumah tadi.
Selanjutnya acara yang ke-3 akan disampaikan oleh teman kami untuk mewakili santriawan dan santriwati, dalam hal ini akan disampaikan oleh .... , kepadanya dipersialahkan.
Terimakasih atas sambutan dari teman kami yang mewakili santriawan dan santriwati, dan tadi kami telah disinggung tentang ajakan semangat belajar untuk menuntut ilmu agama dan ilmu pengetahuan lainnya, agar kita menjadi anak yang berilmu, penuh pengertian serta berwawasan luas dan akhirnya kita menjadi anak yang berguna bagi bangsa, agama dan negara.
Dan menginjak acara yang terakhir yaitu acara yang ke-4 akan dibacakan sholawat dari santriawan dan santriwati TPQ dan Madin Nurur Rohmah yang akan dipimpin oleh .......(wakil dari ibu Almh. Yatimurrohmah)
Bagi kami selaku pembawa acara, jika terdapat beberapa kehilafan, baik yang saya sengaja maupun tidak, kami mohon maaf beribu maaf, kami akhiri dengan ucapan.


والله الموافق الى اقوامالطريق
والسلام عليكم ورحمةالله وبراكاته


Dan sekarang tibalah bacaan sholawat yang akan disampaikan oleh santriawan dan santriwati, kepadanya dipersilahkan.


B. Sambutan Shohibul Haja Santri yang ketempatan Tadarus Keliling


السلام عليكم ورحمة الله و براكاته
اعوذب الله من الشطن الرجيم. بسم الله الرحمن الرحيم. الحمدلله رب العا لمين, والصلاة على اشرف الا نبياء والمرسلين. سيدنا محد وعلى اله وصحبه اجمعين. اما بعد


Hadrotil mukarromin,
para ustadz dan ustadzah yang sangat kami mulyakan
teman-teman santriawan dan santriwati yang sangat kami cintai.
Pada pagi hari ini, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang mana pada pagi hari ini kita mendapat curahan rahmat, nikmat, taufik dan hidayahnya, sehingga pada pagi hari ini kita dapat menghadiri pertemuan silaturrohim yang diselenggarakan oleh TPQ dan Madin Nurur Rohmah, semoga bermanfaat dan langgeng selamanya, Amiin, Amiin ya Robbal Alamin.
Sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, yang telah telah menunjukkan dari jalan kegelapan menuju jalan yang diridloi Allah SWT.  Semoga kita dapat mengamalkan apa yang menjadi perintahNya dan meninggalkan apa yang menjadi larangan Allah SWT.
Teman-temanku santriawan dan santriwati TPQ dan Madin Nurur Rohmah yang sangat saya cintai.
Di sini saya mewakili ayah dan ibu sebagai tuan rumah, menyampaikan ribuan terimakasih yang sedalam-dalamnya atas kehadiran para Asatidz, semoga menjadi amal kebaikan kita disisi Allah SWT, Amiin, Amiin, Allahumma Amiin.
Di sini saya pribadi ......(nama santri yang ketempatan) menyampaikan ribuan terimakasih atas kehadiran para Asatidz, serta para teman-temanku santriawan dan santriwati  bila ada hidangan atau tempat yang kurang berkenan.
Saya ....(nama santri yang ketempatan) mohon maaf beribu maaf , kami akhiri dengan ucapan


والله الموافق الى اقوامالطريق
والسلام عليكم ورحمةالله وبراكاته


C. Sambutan Perwakilan Teman Santri TPQ dan Madin Nurur Rohmah Kabunan


لسلام عليكم ورحمة الله و براكاته
بسم الله الرحمن الرحيم. الحمدلله رب العا لمين,نحمده ونستعينه ونستغفره ونعوذ ب الله من سرورانفسنا, ومن سيئات اعمالنا, من يهدالله فلامضل له, ومن يضلله فلا ها دي له, والصلا ة والسلام على رسو لله, وعلى اله وصحبه ومن واله لاحول ولا قوة الا ب الله العلي العظيم. اما بعد


Kepada sohibul haja yang saya mulyakan.
Kepada Asatidz yang mengajari ilmu kepada kita semua yang kami taati dan yang kami harapkan keberkahan doa restunya agar kita mendapat ilmu yang manfaat dan mendapat ridlo ilahi Robbi,
Tak lupa pula sholawat serta salam, semoga tetap tercurahkan kepada beliau junjungan kita nabi besar Muahmmad SAW yang telah menyebar luaskan yakni الدين الاسلام diseluruh alam.

Di sini saya mewakili santriawan dan santriwati dari TPQ dan Madin Nurur Rohmah menyampaikan ribuan terimakasih kepada shohibul haja yang telah menyambut kedatangan kita dengan menyiapkan segala sesuatunya, semoga bisa menambah amal kebaikan Bapak Ibu sohibul haja.
Kita semua mendoakan جزاكمالله خيراكثيرا semoga bapak ibu sohibul haja oleh Allah dibalas kebaikanya, Amiin.
Dan di sini saya mengajak teman-temanku, marilah kita semangat belajar sungguh-sungguh, lebih-lebih ilmu agama di TPQ dan Madin Nurur Rohmah, agar kita semua bisa memahami dan mengerti tentang ilmu agama.
Teman-temanku sekalian, marilah kita tingkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, dengan arti kita berusaha melaksanakan segala perintahNya dan menjauhi laranganNya. Kita sekalian inilah sebagai manusia dan sebagai santri yang dapat dinyatakan sebagai Kholifah oleh Allah SWT di bumi ini. Tentunya kalian inilah yang mengemban amanat, baik amanat kepada Allah, terhadap diri sendiri, terhadap sesama manusia, nusa, bangsa, agama dan negara. Kita menyadari bahwa Allah SWT sudah banyak memberikan rahmat dan anugerah kepada hambanya di dunia ini.
Oleh Allah ada yang diberi berupa harta benda kemewahan yang berlimpah, ada yang diberi kekuatan dan fikiran, serta ada yang diberi ilmu pengetahuan dan lain sebagainya, tidak lain kesemuanya itu adalah nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepada kita semua, agar dengan kenikmatan tersebut kita dapat melestarikan menuju kebahagiaan lahir dan batin.
Para santriawan dan santriwati yang saya cintai, apalagi di abad jaman moderen ini, kita tidak cukup berbekal makanan dan minuman serta kekuatan tenaga, seperti hidup ditengah-tengah hutan belantara, namun lebih dari itu dengan berbekal ilmu agama dan ilmu pengetahuan lainnya, serta dihiasi dengan ahlaqul karimah, itulah yang diutamakan dalam memenuhi hidup di zaman moderen sekarang ini.
Dengan demikian maka jelaslah bahwa ilmu pengetahuan agama dan pembinaan mental ahlaqul karimah itulah yang mendapat prioritas utama bagi masa pembangunan saat ini. Sedangkan untuk menunjang hal itu, sebagai sarannya adalah dengan meningkatkan pendidikan agama yang bermutu serta perilaku yang berakhlaqul karimah. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT


بسم الله الرحمن الرحيم, فلو لا نفر من كل فرقة منهم ليتفقهوا في الدين ولينذرو قومهم اذا اجرعو اليهم لعلهم يحذرون


Yang artinya
Hendaklah berangkat sekelompok dari tiap-tiap golongan untuk memahami ilmu agama dan memberi peringatan kepada kaumnya bila mereka kembali kepadanya agar mereka takut dan waspada.


Teman-temanku santriawan dan santriwati yang berbahagia, tentunya kitalah yang banyak mengemban amanat dari Allah SWT, oleh karena itu hendaklah kita ini mampu memahami ilmu agama di TPQ dan di madrasah diniyah di pesantren-pesantren adalah merupakan bagian unsur pembangunan di abad moderen ini, karena program pemerintah didalam membangun manusia seutuhnya harus dilengkapi pembangunan lahir dan batin yakni pembangunan jasmani dan rohani.
Kita bisa membuktikan sekarang ini, pembangunan sudah merajalela, gedung-gedung sudah didirikan, pabrik-pabrik sudah banyak, begitu pula jalan-jalan sudah halus. Namun itu belum mencukupi kebutuhan tanpa diadakan pendidikan, mental, spiritual dan ahlaqul karimah.
Hal ini dapat diibaratkan rumah sakit, kalau dipandang dari luar, nampak indah bangunannya, megah dan rapi. Namun setelah kita masuk ke dalamnya, banyak penderita yang merintih, menangis, menjerit karena kesakitan.
Untuk itu, marilah kita merubah mental yang kotor kembali ke jalan yang benar dengan mengikuti syariat agama Islam.
Ya Allah Ya Rob, petang hingga larut kami lalui untuk menyelami lautan ilmu, penggalian tanpa berhenti, demi keridlohanmu.
Ya Allah, penantian keberhasilan jauh lebih terbentang luas dengan Islam kami tumbuh, dengan ilmu kami maju, dengan keberhasilan kami kuat, dengan berkarya kami kaya.
Ya Allah, ridloilah kita semua menjadi anak yang berguna bagi nusa, bangsa, agama dan negara,

امين اللهم امين يا مجيب السا ئمين.


Bila ada kurang sopannya kami kepada sohibul haja dalam bertamu, kami mohon maaf beribu maaf, kami akhiri dengan ucapan.   

والعفو منكم
والله الموافق الى اقوامالطريق
والسلام عليكم ورحمةالله وبراكاته

Artikel Terkait

Categories:

1 comments :

Mas Arif said...

Panduan bekal jadi tokoh masyarakat