www.arifusan.esy.es. Powered by Blogger.

Saturday 11 December 2021



 Pada Hari Sabtu tanggal 11 Desember 2021 Mulai Pukul 13:00 WIB s.d 16:00 WIB di Masjid Baitul Muttaqin Karangbangkal Karangrejo Gempol Pasuruan dengan agenda kegiatan Manajemen Pengelolaan Masjid dan Remaja Masjid  yang dihadiri oleh KH. Dr. Sholeh Qosim, MSi., KH. Junaedi Sholeh, KH. KHozin dan para pengurus takmir se-Kecamatan Gempol dalam meningkatkan wawasan pengetahuannya tentang pengelolaan masjid yang baik dan berkualitas. 

Kegiatan ini bekerjasama dengan Lembaga Takmir Masjid PBNU, PCNU Bangil, Adapun kegiatannya dibagi menjadi 3 tahap yaitu 

1. Tahapan Penyampaian materi pelatihan yang meliputi :

a. Materi tentang tugas memakmurkan masjid 

b.  materi tentang problematika masjid dan remaja masjid

c. materi tentang manajemen pengelolaan masjid dan remaja masjid

2. Tahapan membentuk kepengurusan remaja masjid dan perencanaan program kerja setiap tahun.







Dalam pelatihan ini dapat disimpulkan bahwa manajemen pengelolaan masjid sangat terkait dengan upaya memperbaiki managemen kepengurusan, managemen kesekretariatan, managemen keuangan, managemen dana dan usaha, managemen pembinaan jamaah, managemen pendidikan dan pelatihan. Sedangkan pengelolaan remaja masjid lebih ditekankan pada pembentukan kepengurusan remaja masjid dalam menjalankan peran dan fungsi remaja masjid yang meliputi kemakmuran masjid, kaderisasi umat dan generasi, pembinaan remaja muslim melalui kajian rutin, mendukung kegiatan takmir masjid termasuk dakwah dan sosial kemasyarakatan.

Perkembangan berbagai disiplin ilmu dan teknologi sangat pesat, sehingga menuntut agar setiap individu, masyarakat, kelompok ataupun organisasi mampu menghadapi perkembangan dan kemajuan tersebut. Disebutkan bahwa salah satu cara untuk menghadapi perkembangan tersebut dengan tata kelola atau manajemen yang berkualitas, sehingga pengelolaan organisasi yang baik akan mampu membawa hasil yang baik dan berkualitas.

Penguatan kapasitas takmir harus didasarkan kepada sasaran yang ingin dicapai seperti meningkatkan kemampuan dan keterampilan teknis dan meningkatkan keahlian dan kecakapan memimpin serta mengambil keputusan. Pengurus/Ketua Takmir Masjid perlu membentuk mindset bahwa mereka adalah ujung tombak pelayanan umat dalam bersosial dan bermasyarakat. yang di mana bahwa masjid bukan sarana media ibadah saja, melainkan juga media bersosial dan bermasyarakat  untuk membangun karakter masyarakat yang positif.

Berikut ini Dokumentasi Visual kegiata dari Pelatihan Penguatan Manajemen dan Peran Takmir Masjid ditengah Maraknya Digitalisasi

1. Video Pelatihan Part 1

2. Video Pelatihan Part 2

3. Video Pelatihan Part 3

4. Video Pelatihan Part 4


Semoga Bermanfaat

Artikel Terkait

Categories:

0 comments :