www.arifusan.esy.es. Powered by Blogger.

Wednesday 2 November 2016

Doa adalah senjata orang beriman bahkan disebut sebagai otaknya ibadah. Manusia merupakan salah satu ciptaan Allah yang ada di bumi. Ketika manusia menginginkan sesuatu maka hendaknya dia meminta kepada sang pencipta-Nya yakni pada Allah. Inilah doa senjatanya orang yang beriman. Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa berdoa merupakan ibadah yang paling Agung. Apabila kita berdoa namun tidak mengimbanginya dengan ibadah maka belum lah sempurna. Banyak hadis yang menjelaskan tentang anjuran berdoa kepada Allah. Bahkan kita diwajibkan untuk meminta atau berdoa kepada Allah dan jika kita tidak meminta sesuatu apapun kepada-Nya maka datanglah murka Allah.
Allah akan mengabulkan doa setiap umatnya. Hal ini dijelaskan dalam sebuah surah di al-Quran. Di dalamnya mengatakan bahwa pengabulan doa oleh Allah bersifat pasti. Meskipun, tak semua doa harus dikabulkan saat itu juga. Allah mengetahui apa yang tidak diketahui ciptaan-Nya. Mungkin, doa tersebut akan dikabulkan di lain waktu, diganti yang lebih baik ataupun tidak dikabulkan. Hal ini bertentangan dengan penjelasan dalam al-Qur’an tadi. Oleh karena itu, kita harus intropeksi diri. Allah tidak mengabulkan doa kita pasti karena suatu hal, atau kesalahan dalam diri kita. Bisa jadi kita pernah melakukan dosa besar sehingga doa-doa kita tidak kunjung dikabulkan. Tidak ada satupun orang yang berhak untuk mengabulkan doa seseorang kecuali Allah. Namun doa yang akan dikabulkan adalah doa yang menuju kebaikan. Jika seseorang berdoa atas keburukan orang lain atau dirinya, maka Allah akan menangguhkannya.
Meskipun kita dapat berdoa dimanapun dan kapanpun, tapi terdapat waktu dan tempat mustajab untuk kita meminta doa. Masjidil Haram dan Madinah merupakan contoh tempat yang mustajab. Sedangkan untuk waktu yang mustajab ada pada sepertiga malam, doa di antara dua khutbah, doa ketika sahur di bulan suci Romadhon. Allah SWT meletakkan kemuliaan pada waktu dan tempat tersebut. Namun sayang, kebanyakan manusia memanfaatkan waktu sahur untuk makan tanpa menyisihkan sedikit waktu untuk berdoa kepada Allah. Rasulullah juga menjelaskan bahwa doa orang yang berpuasa adalah doa yang Mustajab.
Doa merupakan senjata terampuh di muka bumi ini. Secanggih apapun suatu alat atau teknologi masih kalah dengan doa senjata orang mukmin. Dalam suatu perang umat manusia yang mengandalkan senjata dan doa Allah akan memberikan kemudahan bagi mereka. Karena selain memiliki usaha yang besar, mereka juga memperhatikan amal ibadahnya, sehingga Allah akan membantu mereka. Doa orang beriman dapat digunakan untuk mengalahkan lawan.
Sebagai seorang muslim, kita harus berusaha jika menginginkan sesuatu. Namun, usaha tanpa doa adalah suatu hal yang tidak sempurna. Bahkan kita dianjurkan untuk berdoa sebagai senjata orang mukmin. Jika seorang kafir memiliki senjata yang canggih dalam beerperang, tapi hal tersebut akan kalah karena selain memiliki senjata canggih kita juga memiliki senjata ampuh dari doa kita kepada Allah. Itulah Mengapa doa, senjata nya orang yang beriman. Berdoalah dan meminta kepada Allah karena hanya orang yang berimanlah yang memiliki senajata ini.
Berikut ini akan kami tampilkan do'a sehari-hari yang musti kita biasakan untuk menjadi kebiasaan yang baik: 
1. Do'a Sebelum dan  Sesudah Tidur 

Berikut lafadz doa akan tidur lengkap
بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ

BISMIKAL LOOHUMMA AHYAA WA AMUUTU
Artinya: Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan aku mati.
Dengan membaca doa diatas ketika akan tidur, semoga Allah SWT selalu melindungi dan menjaga tidur kita hingga fajar tiba. Dan kemudian bangun, seraya membaca doa ketika bangun dari tidur berikut ini : 
اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

AL HAMDU LILLAAHIL LADZII AHYAANAA BA'DA MAA AMAA TANAA WA ILAIHIN NUSYUUR
Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalika.
2. Do'a Masuk dan  Keluar Kamar Mandi
Dan berikut adalah bacaan doa saat masuk kamar mandi lengkap dalam bahasa arab, bahasa latin serta artinya. 
اَللهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ
ALLOOHUMMA INNII A'UUDZUBIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI
Artinya: Ya Allah, aku berlindung dari godaan syetan laki-laki dan syetan perempuan
Ketika teman-teman hendak masuk ke kamar mandi atau WC, jangan lupa membaca doa diatas ya? Dengan harapan, Allah SWT melindungi kita dari godaan-godaan syetan yang terkutuk. Dan setelah selesai dari kamar mandi, maka dilanjutkan dengan membaca doa keluar dari WC/kamar mandi. 
Bagaimana bacaannya? Berikut adalah lafadz doa setelah keluar dari WC dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya. 
غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ
GHUFROONAKAL HAMDU LILLAAHIL LADZII ADZHABA 'ANNIL ADZAA WA 'AAFAANII
Artinya: Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.
3. Do'a Ketika akan Mandi
berikut adalah lafadz bacaan niat doa ketika akan mandi lengkap bahasa arab, latin dan artinya :
اَللهُمَّ اغْفِرْلِى ذَنْبِى وَوَسِّعْ لِى فِىْ دَارِىْ وَبَارِكْ لِىْ فِىْ رِزْقِىْ

ALLOOHUMMAGHFIRLII DZAMBII WA WASSI'LII FII DAARII WA BAARIK LII FII RIZQII
Artinya :
Ya Allah ampunilah dosa kesalahanku dan berilah keluasaan di rumahku serta berkahilan pada rizqiku
 4. Do'a Memakai Pakaian Baru dan Lama
Doa Ketika Memakai Baju/Pakaian Baru dalam Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِحَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

AL-HAMDU LILLAAHIL LADZII KASAANII HAADZAA WA ROZAQONIIHI MIN GHOIRI HAWLIN MINNII WA LAA QUWWATIN
Artinya :
Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rizqi dengan tiada upaya dan kekuatan dariku

Bacaan Doa Memakai Pakaian Biasa (Pakaian Lama) Lengkap Arab, Latin dan Artinya

بِسْمِ اللهِ، اَللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِمَاهُوَلَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَاهُوَلَهُ.

BISMILLAAHI ALLOOHUMMA INNII AS-ALUKA MIN KHOIRIHI WA KHOIRII MAA HUWA LAHUU WA'A'UUDZU BIKA MIN SYARRIHI WA SYARRI MAA HUWA LAHUU
Artinya :
Dengan nama-Mu ya Allah akku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yanag ada padanya
 5. Do'a Ketika Bercermin/Berdandan
Berikut adalah bacaan doanya. 
اَلْحَمْدُ ِللهِ، كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِىْ فَحَسّنْ خُلُقِىْ

AL-HAMDULILLAAHI KAMAA HASSANTA KHOLQII FAHASSIN KHULUQII
Artinya: Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku
 6. Do'a Sebelum dan sesudah makan dan minum

Lafadz Doa Sebelum Makan Lengkap Arab, Latin dan Artinya

اَللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
ALLOOHUMMA BAARIK LANAA FIIMAA RAZAQTANAA WAQINAA 'ADZAA BANNAAR
Artinya :
Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Bacaan Doa Sesudah/Setelah Makan Lengkap Arab, Latin dan Artinya

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ
ALHAMDU LILLAAHIL LADZII ATH'AMANAA WA SAQOONAA WA JA'ALANAA MUSLIMIIN
Artinya :
Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam.

Bacaan Doa Setelah/Sesudah Minum Lengkap Arab, Latin dan Artinya

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا
ALHAMDU LILLAAHIL LADZII JA'ALAHUU 'ADZBAM FUROOTAM BIROHMATIHII WA LAMYAJ'ALHU MILHAN UJAAJAM BIDZUNUUBINAA
Artinya :
Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami.
 7. Do'a ketika masuk dan keluar rumah


 

Bacaan Doa Ketika Masuk Rumah

اَللهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

ALLOOHUMMA INNII AS-ALUKA KHOIROL MAULIJI WA KHOIROL MAKHROJI BISMILLAAHI WA LAJNAA WA BISMILLAAHI KHOROJNAA WA 'ALALLOHI ROBBINAA TAWAKKALNAA.
Artinya :
Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.

Lafad Doa Masuk Rumah Kosong

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

ASSALAAMU'ALAINAA WA 'ALAA 'IBAADILLAAHISH SHOOLIHIINA
Artinya :
Hamba-hamba Allah yang sholih.

Lafad Bacaan Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

BISMILLAAHI TAWAKKALTU 'ALALLOOHI LAA HAWLAA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHI
Artinya :
Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah.

8. Do'a ketika Berjalan menuju masjid

Berikut adalah Lafadz Bacaan Doa Ketika Menuju ke Masjid dalam Bahasa Arab, Tulisan Latin lengkap dengan Terjemahannya .


اَللهُمَّ اجْعَلْ فِىْ قَلْبِى نُوْرًا وَفِى لِسَانِىْ نُوْرًا وَفِىْ بَصَرِىْ نُوْرًا وَفِىْ سَمْعِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَسَارِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَمِيْنِىْ نُوْرًا وَفَوْقِىْ نُوْرًا وَتَحْتِىْ نُوْرًا وَاَمَامِىْ نُوْرًا وَخَلْفِىْ نُوْرًا وَاجْعَلْ لِّىْ نُوْرًا

ALLOOHUMMAJ-'AL FII QOLBHII NUUROON WA FII LISAANII NUUROON WA FII BASHORII NUUROON WA FII SAM 'II NUUROON WA 'AN YAMIINII NUUROON WA'AN YASAARII NUUROON WA FAUQII NUUROO WA TAHTII NUUROO WA AMAAMII NUUROON WA KHOLFII NUUROON WAJ-'AL LII NUUROON
Artinya :
Ya Allah, jadikanlah dihatiku cahaya, pada lisanku cahaya dipandanganku cahaya, dalam pendengaranku cahaya, dari kananku cahaya, dari kiriku cahaya, dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya, dari depanku cahaya, belakangku cahaya, dan jadikanlah untukku cahaya
9. Do'a ketika Masuk dan Keluar masjid
Bacaan Doa Ketika Masuk Masjid Bahasa Arab, Latin dan Artinya

اَللهُمَّ افْتَحْ لِىْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ
ALLOOHUMMMAF TAHLII ABWAABA ROHAMTIKA
Artinya :
Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu

Bacaan Doa Ketika Keluar Masjid Bahasa Arab, Latin dan Artinya

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ
ALLOHUMMA INNII AS-ALUKA MIN FADLIKA
Artinya :
Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu

10. Do'a ketika Sebelum Ambil Wudhu (Ketika Akan Wudhu)

Bacaan Lafadz Doa Sebelum Ambil Wudhu (Ketika Akan Wudhu)

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَ هذَاالْمَآءَ طَهُوْرًا رَبِّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَاَعُوْذُبِكَ رَبِّ اَنْ يَحْضُرُوْنِ

AL HAMDULILLAAHIL LADZII JA'ALA HAADZAL MAA-A THOHUUROO ROBBI INNII A'UUDZUBIKA MIN HAMAZAATISY SYAYAATHIINI WA A'UUDZUBIKA ROBBI AYYAHDLURUUNI.
Artinya :
Segala puji bagi Allah yang menjadikan air ini suci dan menyucikan. Ya Allah, aku mohon berilndung kepada Mu dari godaan syaiton dan aku mohon perlindungan-Mu dari godaan syaiton yang akan datang.
 11. Do'a ketika Sesudah Ambil Wudhu (Ketika Selesai Wudhu)
Bacaan Doa Sesudah Ambil Air Wudhu (Doa Selesai Wudhu)


اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ
ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLOOHU WAHDAHUU LAA SYARIIKA LAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN 'ABDUHUUWA ROSUULUHUU, ALLOOHUMMAJ'ALNII MINAT TAWWAABIINA WAJ'ALNII MINAL MUTATHOHHIRIINA
Artinya :
Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci (sholeh)
 12. Do'a ketika akan membaca Al-Quran
sebelum membaca Al-Qur'an diwajibkan untuk mensucikan diri dari hadats. Selain itu, juga dianjurkan untuk berdoa sebelum membaca Kitab Suci Al-Qur'an. Dan berikut adalah lafadz doanya lengkap dalam bahasa arab, tulisan latin serta terjemahannya. 
اَللهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

ALLOOHUMMAFTAH 'ALAYYA HIKMATAKA WANSYUR 'ALAYYA ROMA TAKA WA DZAKKIRNII MAANASIITU YAA DZAL JALAALI WAL IKROOMI
Artinya :
Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.
 13. Do'a Sebelum dan sesudah mengaji Al-Quran

Lafadz Doa Sebelum Belajar

يَارَبِّ زِدْنِىْ عِلْمًا وَارْزُقْنِىْ فَهْمًا

YAA ROBBI ZAIDNII'ILMAN WARZUQNII FAHMAN

Artinya :
Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman.

Doa Sebelum Belajar (Mengaji)

اَللهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَ وَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
ALLOOHUMMA AKHRIJNAA MIN DZULUMAATILWAHMI WA AKRIMNAA BINUURIL FAHMI WAFTAH'ALAINAA BIMA'RIFATIKA WASAHHIL LANAA ABWAABA FADL-LIKA YA ARHAMAR ROOHIMIINA
Artinya :
Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang.


Lafadz Doa Sesudah/Setelah Belajar Mengaji


اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

ALLOOHUMMA INNII ASTAUDI'UKA MAA 'ALLAMTANIIHI FARDUD-HU ILAYYA 'INDA HAAJATII WA LAA TANSANIIHI YAA ROBBAL 'ALAAMIINA

Artinya :
Ya Allah! sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu wahai Tuhan seru sekalian alam.

 14. Do'a Hujan Turun dan sesudah Hujan
Hujan merupakan salah satu anugerah Allah SWT yang sangat Agung. Karena kalau tidak ada hujan, maka alam akan kekeringan sehingga mengakibatkan dampak yang sangat buruk bagi seluruh makhluk hidup. Maka dari itu, sungguh suatu nikmat yang luar biasa ketika hujan turun. Untuk mensyukuri hal tersebut, hendaknya kita mengucap dan/atau membaca doa saat hujan turun, dan supaya hujan yang diturunkan bermanfaat bagi semua makhluk. 

Berikut adalah lafadz doanya lengkap bahasa arab, latin dan terjemahannya . 
اَللهُمَّ صَيّبًا نَافِعًا
ALLOOHUMMA SHOYYIBAN NAAFI'AN
Artinya: Ya Allah semoga (hujan yang Engkau turunkan ini) lebat dan membawa manfaat.
Teman-teman, itulah lafadz doa ketika hujan turun. Semoga hujan yang Allah SWT turunkan ke bumi dapat bermanfaat bagi kita semua dan tidak mengakibatkan bencana, seperti banjir dan longsor. Amien. Adapun setelah hujan selesai turun, kita juga dianjurkan untuk memanjatkan doa. Berikut adalah lafadz doa setelah selesai hujan dalam bahasa arab, latin lengkap dengan artinya. 
مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِهِ
MUTHIRNAA BIFADLLILLAAHI WA ROHMATIHI
Artinya: Kita diberi hujan karena keutamaan dan rahmatNya.
Ya, hujan adalah rahmat Allah SWT yang besar untuk para makhluknya. Adapun ketika hujan mengakibatkan banjir, semata-mata itu karena ulah tangan manusia itu sendiri yang mungkin kurang peduli terhadap lingkungan, membuang sampah sembarang dan lain sebagainya. 
 15. Do'a Melihat Kilat dan Mendengar Petir
Lafadz Doa Ketika Melihat Kilat Halilintar (Petir/Gledek)

سُبْحَانَ مَنْ يُرِيْكُمُ الْبَرْقَ خَوْفًا وَطَعَمًا

SUBHAANA MAY YURIIKUMUL BARQO KHOUFAN WA THOMA'AN
Artinya :
Maha suci Allah yang telah melihatkan pada kita semua pada petir dengan perasaan takut dan berharap.

Adapun untuk doa ketika mendengar gledek atau suara halilintar (petir) adalah sebagai berikut :

سُبْحَانَ مَنْ يُسَبّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلآئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

SUBHAANA MAY YUSABBIHUR RO'DU BIHAMDIHI WAL MALAA-IKATU MIN KHIIFA ATIHI.
Artinya :
Maha suci Allah, yang halilintar itu bertasbih dengan memuji kepadaNya demikian juga para malaikat karena takut kepadaNya.
 16. Do'a ada Angin Kencang
berikut adalah lafadz doanya dalam bahasa arab, latin dan artinya.


اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَمَا فِيْهَا وَخَيْرَمَآ اَرْسَلْتَ بِهِ، وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَآ اَرْسَلْتَ بِهِ

ALLOOHUMMA INNI AS-ALUKA KHOIROHAA WA KHOIRO MAA FIIHAA WA KHOIRO MAA ARSALTA BIHI WA A'UUDZU BIKA MIN SYARRIHAA WA SYARIIMAA ARSALTA BIHI
Artinya :
Ya Allah! aku mohon kepadaMu kebaikannya (angin) dan kebaikannya apa yang ada padanya, dan kebaikan yang dibawanya, dan aku berlindung kepadaMu dari kejahatannya dan kejahatan yang ada padanya dan kejahatan yang dibawanya.

 17. Do'a Menengok Orang Sakit
Berikut adalah bacaan doa ketika menengok teman atau keluarga yang sakit dalam bahasa arab, latin lengkap terjemahannya. 


اَسْأَلُ اللهَ الْعَظِيْمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ اَنْ يُعَافِيَكَ وَيُشْفِيَكَ
AS-ALULLOOHAL 'ADZIIMA ROBBAL'ARSYIL 'ADZIIMI AYYU'AAFIYAKA WA YUSYFIYAKA
Artinya: Aku memohon kepada Allah yanag Maha Agung Tuhan Arsy yang agung semoga memberi kesejahteraan kepada engkau dan menyembuhkan engkau (orang yang sakit).
Adapun untuk bacaan doa ketika menengok orang yang sedang sakit panas adalah sebagai berikut : 

بِسْمِ اللهِ الْكَبِيْرِ نَعُوْذُ بِاللهِ الْعَظِيْمِ مِنْ شَرّعِرْقٍ نَعَّارٍوَمِنْ شَرّ حَرّالنَّارِ

BISMILLAAHIL KABIIRI NA'UUDZU BILLAAHIL 'ADZIIMI MINSYARRI 'IRQIN NA'AARIN WA MIN SYARRI HARRIN NAARI
Artinya: Dengan nama Allah yang Maha Agung, kami berlindung kepada Allah yang Maha luhur dari kejahatan urat yang berdarah dan dari kejahatan panasnya api neraka.
 18. Do'a Untuk Orang Sakit
Doa ini sesuai apa yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada para sahabatnya. Sebagaimana sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, bahwasanya :
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya. Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdoa :
اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا
ALLAHUMMA RABBANNAASI ADZHIBIL BA'SA WASY FIHU. WA ANTAS SYAAFI, LAA SYIFAA-A ILLA SYIFAAUKA, SYIFAA-AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAA
Artinya: “Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari dan Muslim).
Dalam riwayat lain, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Muslim, bahwasanya :
Dari Abu ‘Abdillah ‘Utsman bin Abil ‘Ash radhiyallahu ‘anhu, dia mengadukan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang rasa sakit yang ada pada dirinya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya: “Letakkanlah tanganmu di atas tempat yang sakit dari tubuhmu, lalu bacalah sebanyak tiga kali
بِسْمِ اللهِ
BISMILLAH
Artinya: Dengan menyebut nama Allah
kemudian bacalah sebanyak tujuh kali:

أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A'UUDZU BI 'IZZATILLAHI WA QUDRATIHI MIN SYARRI MAA AJIDU WA UHAADZIRU
Artinya: “Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan” (HR. Muslim)
 19. Do'a Ketika Minum Obat
Adapun bacaan doanya dalam bahasa arab, tulisan latin dan terjemahannya adalah sebagai berikut :

بِسْمِ اللهِ الشَّافِىْ بِسْمِ اللهِ الْكَافِىْ بِسْمِ اللهِ الْمُعَافِىْ بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّمَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِى اْلاَرْضِ وَلاَفِى السَّمَآءِ وَهُوَالسَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ
BISMILLAAHISY SYAAFII BISMILLAHIL KAAFII BISMILLAAHIL MU'AAFII BISMILLAAHIL LADZII LAA YADLURRU MA'ASMIHI SYAI-UN FIL ARDLI WALAA FIS SAMAA-I WA HUWAS SAMII'UL 'ALIIMU
Artinya :
Dengan nama Allah Tuhan yang menyembhkan, dengan nama Allah tuhan yang menurunkan kesehatan, dengan nama Allah yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang berbahaya, baik dibumi maupun di langit dan Dia adalah Tuhan Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
 20. Do'a Ketika Bersin dan mendengar orang bersin
berikut adalah lafadz bacaan doa ketika bersin dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

اَلْحَمْدُ ِللهِ
AL-HAMDU LILLAAHI
Artinya :
Segala Puji Bagi Allah

Itulah doa ketika bersin, ternyata doanya simple banget hanya mengucapkan hamdalah. Adapun orang yang mendengarkan orang bersin, hendaknya membaca doa berikut ini " Doa Ketika Mendengar Orang Bersin"

يَرْحَمُكَ اللهُ
YARHAMUKALLOOHU
Artinya :
Semoga Allah memberi rahmat kepadamu

Selanjutnya, orang yang bersin berdoa lagi, dan berikut adalah lafadz doa nya

يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيَصْلِحُ بَالَكُمً
YAHDIIKUMUL LOOHU WA YASLIHU BALAKUM
Artinya :
Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan membaguskan keadaanmu
 21. Do'a Ketika Sore Hari datang dan Pagi Hari

Doa di Pagi Hari / Doa Waktu Pagi Tiba

اَللهُمَّ بِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَاِلَيْكَ النُّشُوْرُ
ALLOOHUMMA BIKA ASHBAHNAA WA BIKA AMSAINAA WA BIKA NAHYAA WA BIKA NAMUUTU WA ILAIKAN NUSYUURU
Artinya :
Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu pagi dan waktu petang dan karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali

Doa di Sore Hari / Doa Ketika Waktu Petang Tiba

اَللهُمَّ بِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ
ALLOOHUMMA BIKA AMSAINAA WA BIKA ASHBAHNAA WA BIKA NAHYAA WA BIKA NAMUUTU WA ILAIKAL MASHIIR
Artinya :
Ya Allah, karena Engkau kami mengalami akan waktu petang dan pagi, karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali.

 22. Do'a Agar Mendapat Mimpi Baik
Adapun lafadz bacaannya adalah sebagai berikut :

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ رُؤْيًا صَالِحًا صَادِقَةً غَيْرَكَاذِبَةٍ نَافِعَةً غَيْرَضَارَّةٍ
ALLOOHUMMA INNII AS-ALUKA RU'YAN SHOOLIHATAN SHOODIQOTAN GHOIRO KAADZIBATIN NAAFI'ATAN GHOIRO DLOORROTIN
Artinya :
Ya Allah, aku mohon kepadaMu mimpi yang baik yang benar dan tidak dusta, yang bermanfaat dan tidak berbahaya
 23. Do'a Ketika Mimpi Baik dan Buruk
Doa Ketika Mimpi Baik dalam Bahasa Arab, Tulisan Latin dan Artinya
 
اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبّ ِالْعَالَمِيْنَ
ALHAMDULILLAHI RABBIL 'AALAMIIN

Artinya :
Segala puji bagi Allah, Tuhan Yang Memelihara alam semesta

Doa Ketika Mimpi Buruk Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

أَللَّهُمَّ إِنّىِ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ وَسَيّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ
ALLAAHUMMA INNII A’UUDZU BIKA MIN ‘AMALISY SYAITHAANI, WASAYYI-AATIL AHLAAM

Artinya :
"Ya Allah, sesungguhnya aku mohon perlindungan kepada-Mu dari tingkah laku setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk"

 24. Do'a Mohon Selamat Dunia dan Akhirat

Dan berikut adalah kumpulan doa-doa selamat dalam bahasa arab, tulisan latin lengkap dengan terjemahannya.Silakan Anda pelajarai dan hafalkan, karena doa ini sangat bagus sekali dan hampir setiap waktu mayoritas orang muslim memanjatkan doa selamat ini.


اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ
ALLOOHUMMA INNAA NAS-ALUKA SALAAMATAN FID DIINI WA 'AAFIYATAN FIL JASADI WA ZIYAADATAN FIL 'ILMI WA BAROKATAN FIR RIZQI WA TAUBATAN QOBLAL MAUTI WA ROHMATAN 'INDAL MAUTI WA MAGHFIROTAN BA'DAL MAUTI
Artinya :
Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.
اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ
ALLOOHUMMA HAWWIN 'ALAINAA FII SAKARAATIL MAUTI WANNAJAATA MINAN NAARI WAL 'AFWA 'INDAL HISAABI
Artinya :
Ya Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa, selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan

رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ
RABBANAA LAA TUZIGH QULUUBANAA BA'DA IDZ HADAITANAA WAHAB LANAA MIL LADUNKA RAHMA, INNAKA ANTAL WAHHAAB
Artinya :
Ya Allah, janganlah Kau goyahkan hati kami setelah Kau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
RABBANAA AATINAA FIDDUNNYAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR.
Artinya :
Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

Alhamdulillah selesai sudah doa sehari-hari moga mendapat berkah dengan mengamalkannya 


Artikel Terkait

Categories: ,

0 comments :