www.arifusan.esy.es. Powered by Blogger.

Saturday 19 November 2016

lubabul hadits bab ke - 1 keutamaan ilmu dan ulama



         Kitab Lubabul Hadits ini ditulis oleh Syekh Jalaluddin As-Suyuti, Oleh umat Islam beliau lebih dikenal sebagai salah seorang dari penyusun tafsir Jalalain, sebuah tafsir yang di beberapa pesantren di Indonesia sebagai kitab tafsir pegangan. Demikian juga dengan Lubabul Hadits ini, di beberapa pesantren juga dipakai sebagai materi dasar pelajaran hadits

        Kitab ini terdiri dari 40 bab, dan tiap bab berisi 10 hadits, sehingga jumlah hadits yang ada dalam kitab ini berjumlah 400 hadits

 

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِابْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ. يَاابْنَ مَسْعُوْدٍ جُلُوْسُكَ سَاعَةً فِىْ مَجْلِسِ اْلعِلْمِ لَا تَمَسُّ قَلَمًا وَلَا تَكْتُبُ حَرْفًا خَيْرٌ لَكَ مِنْ عِتْقِ اَلْفِ رَقَبَةٍ، وَنَظَرُكَ اِلَى وَجْهِ الْعَالِمِ خَيْرٌ لَكَ مِنْ اَلْفِ فَرَسٍ تَصَدَّقْتَ بِهَا فِىْ سَبِيْلِ اللهِ، وَسَلَامُكَ عَلَى اْلعَالِمِ خَيْرٌ لَكَ مِنْ عِبَادَةِ اَلْفِ سَنَةٍ 

1.      Nabi Muhammad SAW berkata kepada Ibnu Mas`ud RDH : "Ya Ibnu Mas`ud, dudukmu (walaupun sebentar) di majlis ilmu, walaupun tanpa memegang pena dan menulis satu hurufpun adalah lebih bagus daripada memerdekakan seribu raqabah (budak), pandanganmu terhadap orang alim lebih bagus daripada seribu kuda yang kamu sedekahkan di jalan Allah (sabilillah), salam-mu kepada orang alim lebih bagus daripada ibadah seribu tahun".
وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقِيْهٌ وَاحِدٌ مُتَوَرِّعٌ اَشَدُّ عَلَى الشَّيْطَانِ مِنْ اَلْفِ عَابِدٍ مُجْتَهِدٍ جَاهِلٍ وَرَعٍ
2.      Nabi Muhammad SAW bersabda: satu orang  faqih (tahu hukum syariah) yang ahli wira`i (menjauhkan diri dari perbuatan yg dilarang syariah), bagi syetan itu lebih berat daripada 1000 ahli ibadah yang bodoh, bersungguh-sungguh dalam ibadah, dan ahli wira`i.
وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَفْضَلُ اْلعَالِمِ عَلَى اْلعِابِدِ كَفَضْلِ اْلقَمَرِ لَيْلَةَ اْلبَدْرِ عَلَى اْلكَوَاكِبِ
3.      Nabi Muhammad SAW bersabda: "Keutamaan orang `alim (yang mengamalkan ilmunya) mengalahkan `abid (ahli ibadah) adalah bagaikan rembulan (bulan purnama) yangmengalahkan semua bintang-bintang".
وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنِ انَتَقَلَ يَتَعَلَّمَ عِلْمًا غُفِرَ لَهُ قَبْلَ اَنْ يَخْطُوَ
4.      Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barang siapa berpindah tempat untuk menuntuk ilmu (syariat) maka dosanya diampuni sebelum dia melangkah.
وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَكْرِمُوا اْلعُلَمَاءَ فَإِنَّهُمْ عِنْدَ اللهِ كُرَمَاءُ مُكْرَمُوْنَ
5.      Nabi Muhammad SAW bersabda: "Mulyakanlah para ulama karena sesungguhnya mereka adalah orang-orang mulya yang dimulyakan di sisi Allah SWT"
وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ نَظَرَ اِلَى وَجْهِ الْعَالِمِ نَظْرَةً فَفَرِحَ بِهَا، خَلَقَ اللهُ تَعَالَى مِنْ تِلْكَ النَّظْرَةِ مَلَكًا يَسْتَغْفِرُ لَهُ اِلَى يَوْمِ اْلقِيَامَةِ
6.      Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barang siapa setelah melihat wajah orang alim merasa bahagia, walaupun hanya sekali lihat haja, maka Allah SWT meciptakan dari pendangan tersebut seorang malaikat yang akan memintakan ampunan bagi orang tersebut hingga hari kiamat".
وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ اَكْرَمَ عَالِمًا فَقَدْ اَكْرَمَنِيْ، وَمَنْ اَكْرَمَنِيْ فَقَدْ اَكْرَمَ اللهَ وَمَنْ اَكْرَمَ اللهَ فَمَأْوَاهُ الْجَنَّةُ
7.      Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barang siapa memulyakan orang alim maka dia benar-benar telah memulyakanku dan barang siapa memulyakaknku maka dia benar-benra telah memulyakan Allah dan barang siapa memulyakan Allah maka tempat lembalinya adalah surga".
وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَوْمُ اْلعَالِمِ اَفْضَلُ مِنْ عَبَادَةِ الْجاَهِلِ
8.      Nabi Muhammad SAW bersabda: "Tidurnya orang alim lebih utama daripada ibadanya orang bodoh".
وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ تَعَلَّمَ بَابًا مِنَ الْعِلْمِ يَعْمَلُ بِهِ اَوْ لَمْ يَعْمَلْ بِهِ كَانَ اَفْضَلَ مِنْ اَنْ يُصَلِّىَ اَلْفَ رَكْعَةٍ تَطَوُّعًا
9.      Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang siapa mempelajari satu bab ilmu (saja), baik diamalkan maupun tidak, maka itu saja sudah lebih baik daripada shalat sunat 1000 raka`at ".
وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ زَارَ عَالِمًا فَكَأَنَّمَا زَارَنِيْ وَمَنْ صَافَحَ عَالِمًا فَكَأَنَّمَا صَافَحَنِيْ، وَمَنْ جَالَسَ عَالِمًا فَكَأَنَّمَا جَالَسَنِيْ فِى الدُّنْيَا، وَمَنْ جَالَسَنِيْ فِى الدُّنْيَا اَجْلَسْتُ مَعِيْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
10. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang siapa berkunjung (atau berziarah) kepada orang alim maka dia seperti mengunjungiku, barang siapa bersalaman dengan orang alim ma dia seperti menyalamiku, barang siapa duduk bersama orang alim maka dia seperti duduk bersamaku di dunia, barang siapa duduk bersamaku di dunia maka aku akan mendudukannya bersamaku di hari kiamat".

lubabul hadits bab ke - 2 keutamaan laa ilaaha illallah




1.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barang siapa setiap hari mngucapkan seratus kali laa ilaaha illallah Muhammadur Rasulullah, maka dia akan datang di hari kiamat dengan wajah bagaikan bulan purnama." 
2.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Dzikir paling utama adalah laa ilaha illallah dan do`a paling utama adalah alhamdu lillah". (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Hakim dari Jabir ra.)
3.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Allah berfirman:  "laa ilaha illallah kalam-KU dan Aku-lah dia. Barang siapa mengucapkannya maka masuk dalam perlindungan-Ku, dan barang siapa masuk lindungan-Ku maka aman dari siksa-Ku". (HR. Syairazi dari Ali kwh.)
4.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Tunaikanlah zakat badan kalian dengan perkataan laa ilaha illallah".
5.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Tiada seorang hambapun yang mengucapkan laa ilaaha illallah Muhammadur Rasulullah terkecuali Allah ta`ala berfirman: Benar hamba-Ku, Aku-lah Allah, tiada Tuhan selain Aku. Aku persaksikan kepada kalian wahai malaikat-malaikat-Ku, Aku benar-benar telah mengampuni dosa-dosanya yang sudah terlewat dan yang akan datang". 
6.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barang siapa mengucapkan laa ilaha illallah secara murni dan ikhlas, maka masuk surga."
7.      Nabi Muhammad SAW bersabda ; "Barang siapa yang awal perkaanya laa ilaha illallah dan akhir perkaannya laa ilaha illallah dan melakukan seribu kesalahan (dosa kecil) dan jika dia hidup seribu tahun, maka Allah tidak akan menanyakan satu dosapun".
8.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barang siapa yang membaca laa ilaha illallah  tanpa disertai `ujub maka terbanglah seekor burung di bawah `arasi yang akan membaca tasbih bersama mereka yang membaca tasbih hingga hari kiamat, kemudian pahalanya dituliskan untuk dia (orang yang mambaca laa ilaha illallah tanpa `ujub).
9.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barang siapa mengucapkan laa ilaaha illallah Muhammadur Rasulullah sekali, maka diampuni dosa-dosanya walaupun banyaknya bagaikan buih di lautan".
10. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Ketika seorang mu`min lewat pekuburan dan mengucapkan laa ilaaha illallah wahdahu la syarika lahu lahul mulku walahul hamdu yuhyi wayumitu wahuwa hayyun la yamut biyadihil khairu wahuwa ala kulli syai-in qadirun, maka Allah menerangi semua kuburan tersebut, mengampuni dosa yang membacanya, menulis sejuta kebaikan baginya, mengangkat baginya sejuta derajat, menghabus darinya sejuta kejelekan (dosa kecil)". 


lubabul hadits bab ke - 3 keutamaan basmalah




1.      Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidaklah seorang hamaba mengucapkan Bismilla hirrahmanirrahim , terkecuali melelehlah syetan seperti melelehnya timah diatas api”.
2.      Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidaklah seorang hamba mengucapkan Bismilla hirrahmanirrahim, terkecuali Allah SWT memerintahkan malaikat yang mulia dan pencacat alam agar menuliskan dalam timbangannya (catatan amalnya) 400 kebaikan”.
3.      Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barang siapa membaca Bismillahirrahmanirrahim , walaupun sekali, maka taktersisa seluruh dosa – dosanya”. (Maksudnya seluruh dosa-dosa kecilnya diampuni red.)
4.      Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa menulis basmalah dengan membaguskannya dan mengagungkan Allah, maka diampuni dosa yang sudah lalu dan yang akan datang”.
5.      Nabi Muhammad SAW bersabda: “Ketika salah satu dari kalian menulis Bismilla hirrahmanirrahim , maka panjangkanlah arrahmani “.s
6.      Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah SWT menghiasi langit dengan bintang-bintang dan menghiasi malaikat dengan malaikat jibril dan menghiasi surga dengan bidadari dan istana – istana dan menghiasi para Nabi dengan Nabi Muhammad SAW dan menghiasi hari – hari dengan hari jum`at dan menghiasi malam – malam dengan malam lailatul qadar dan menhiasi bulan – bulan dengan bulan Ramadhan dan menghiasi masjid – masjid dengan ka`bah dan menghiasi kitab – kitab dengan Al-Qur`an dan menghiasi Al-Qur`an dengan Bismillahirrahmanirrahim”. An
7.      Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barang siapa yang mengucapkan Bismilla hirrahmanirrahim  maka namanya dicatat sebagai orang baik dan dibebaskan dari sifat kufur dan nifak”.
8.      Nabi Muhammad SAW bersabda: Barang siapa mengucapakan Bismilla hirrahmanirrahim  maka diampuni dosa-dosanya yang sudah lewat (maksudnya dosa kecil)”
9.      Ketika seseorang berdiri mengucapkan basmalah dan shalawat dan salam kepada Nabi, keluarga, dan sahabatnya maka ketika ada orang –orang menggunjingnya maka Allah akan mencegahnya.
10.  Ketika seseorang duduk dan mengucapkan basmalah, shalawat dan salam kepada Nabi, keluarga, dan sahabatnya maka Allah SWT akan mengutus Malaikat yang menjaganya dari orang – orang yang menggunjingnya sehingga mereka tidak bisa melakukannya.

lubabul hadits bab ke - 4 keutamaan shalawat atas nabi saw



1.      Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barang siapa mengucapkan shalawat untukku sekali, maka Allah memberi shalawat untuknya sepuluh kali." (H.R. Muslim, Abu Daud, Nasaiy, dan Ibnu Hibban dari Abi Hurairah )
2.      Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barang siapa bershalawat kepadaku 1000 kali maka takkan meninggal dunia sehingga diberikan kabar gembira masuk surga".
3.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barang siapa bershalawat kepadaku satu kali, maka karenanya Allah bershalawat sepuluh kali baginya. Barang siapa bershalawat kepadaku sepuluh kali, maka karenanya Allah bershalawat seratus kali baginya. Barang siapa bershalawat kepadaku seratus kali, maka karenanya Allah bershalawat seribu kali baginya. Barang siapa yang bershalawat seribu kali maka takkan disentuh api neraka".
4.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barang siapa lupa bershalawat kepadaku, maka benar - benar telah menyimpang dari jalan surga".
5.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Sesungguhnya orang yang lebih utama bersamaku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bershalawat kepadaku". (HR. Bukhari dan Ibnu Hibban dari Ibnu Mas`ud ra.) 
6.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Shalawat kalain kepadaku itu pengahncur (dosa-dosa)".
7.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barang sipa bershalawat di setiap malam jum`at sebanyak 40 kali maka Allah menghapus semua dosa-dosanya".
8.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Tiadalah sebuah do`a terkecuali diantara do`a tersebut dan langit ada hijab hingga dibacakan shalawat untukku. Ketika dibacakan shalawat untukku maka terbukalah hijab tersebut dan diangkatlah do`a ".
9.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barang siapa bershalawat seratus kali dalam sehari maka Allah menunaikan seratus hajatnya. Tujuh puluh untuk hajat akheratnya dan tiga puluh untuk hajat dunianya." (HR: Ibnu Najar dari Jabir ra.).
10. Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barang siapa bershalawat untkku sekali, maka Allah dan Malaikatnya bershalawat untuknya duapluh kali dan tidak akan wafat hingga diberi kabar gembira surga."
 

lubabul hadits bab ke - 5 keutamaan iman



1.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Iman itu mengetahui dengan hati, mengucapkan dengan lisan dan menjalankan dengan anggota badan”. (HR: Ibnu Majah dan Thabarani dari Ali dan termasuk hadits dhaif)
2.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Iman itu telanjang dan pakaiannya adalh takwa, perhiasannya adalah rasa malu dan buahnya adalah ilmu”.
3.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Tidak ada iman bagi orang yangtidak memiliki amanat sama sekali”. (HR: Ahmad dan Ibnu Hibban dari Anas ra).
4.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Salah satu dari kalian tidaklah beriman sehingga mencintai untuk saudara kalian apa yang kalian cintai untuk diri kalian sendiri”. (HR: Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah dari Anas ra.)
5.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “ Iman itu dalam dada orang mu`min. Iman takkan sempurna terkecuali dengan sempurnanya fardlu-fardlu dan sunat-sunat. Iman takkan rusak terkecuali dengan mengingkari fardlu-fardlu dan sunat-sunat. Barang siapa mengurangi satu fardlu tanpa inkar maka dia disiksa karena hal tersebut. Barang siapa menyempurnakan fardlu-fardlu maka wajib banginya surga”.
6.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Iman itu tidak bertambah dan tidak berkurang, akan tetapi iman ada batasnya, maksudnya diketahui dengan menyebutkan cabang – cabangnya iman. Jika iman berkurang, maka ia pada batasnya. Pokoknya iman adalah bersaksi bahwa tiada Tuhan kecuali Allah semata dan tiada sekutu bagi-NYA, Nabi Muhammad itu hamba dan utusan-NYA, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa ramadhan, naik haji, dan mandi janabah. Barang siapa tambah dalam batasannya, maka bertambahlah kebaikan-kebaikannya. Barang siapa berkurang imannya maka hanya berkurang batasanya”.
7.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Iman itu ada dua bagian, satu bagian dalam sabar dan satu bagian dalam sykur”. (HR: Baihaqi dari Anas ra.)
8.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Iman itu tali pembunuhan, seorang mukmin tidaklah boleh melakukan pembunuhan”. (HR: Bukhari, Abu Dawud, Hakim dari Abu Hurairah ra. Dan dan Ahmad dari Zubair dan Muawiyah ra.)
9.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Allah menciptakan iman dan menghiasinya dan memujinya dengan murah hati dan rasa malu dan Allah menciptakan kufur dan mencelanya denga bakhil dan durhaka”.
10.  Nabi Muhammad SAW bersabda : “Ketika penghuni surga telah masuk ke surga dan penghuni neraka telah masuk keneraka, Allah SWT memerintahkan agar mengeluarkan orang – orang yang dalam hatinya ada iman walaupun hanya sebesar atom”.  

lubabul hadits bab ke - 6 keutamaan wudhu



1.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Barangsiapa berwudlu untuk shalat dan membagus kan wudlunya, kemudian mendirikan shalat, maka dia keluar dari dosa-dosanya seperti ketika dialhirkan ibunya”.
2.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Barangsiapa berwudlu untuk shalat kemudian dia mengerjakan shalat, maka Allah menghapus dosa-dosanya antara shalat tersebut dan shalat yang mengikutinya”.
3.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Barang siapa tidur dalam keadaan wudlu, lalu meninggal pada malam itu, maka dia disisi Allah adalah syahid”.
4.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Orang tidur yang suci itu seperti orang puasa yang beribadah malam”.
5.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Barang siapa wudlu dalam keadaan suci maka ditulis untuknya sepuluh kebaikan”. (HR: Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah dari Ibnu Umar ra.)
6.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Tidak ada shalat bagi orang tidak punya wudlu dan tidak ada wudlu bagi orang yang tidak menyebut Asma Allah atas wudlu tersebut.” (HR: Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah dan Al-Hakim dari Abi Hurairah dan Ibnu Majah dari Said bin Zaid)
7.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Wudlu itu separuh iman”. ( HR: Ibnu Abu Syaibah dari Hasan bin Athiyah)
8.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Pokoknya wudlu itu sekali, barang siapa berwudlu dua kali maka mendapat pahala dua kali lipat. Siapa berwudlu tiga kali maka itulahwudlu para nabi sebelumku”.
9.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Allah tidak akan menerima shalat salah satu dari kalian ketika berhadats sehingga dia berwudlu”. (HR: Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah ra.)
10.  Nabi Muhammad SAW bersabda : “Wudlu atas wudlu itu cahaya diatas cahaya”.

lubabul hadits bab ke - 7 keutamaan siwak



1.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Dua raka`at dengan siwak itu lebih baik daripada tujuh puluh raka`t tanpa dengan siwak”. (HR: Daruquthni dari Umi Darda` dengan sanad hasa)
2.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Bersiwaklah kalian, karena sesungguhnya siwak itu mensucikan mulut dan menjadikan ridha Allah”. (HR: Ibnu Majah)
3.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Enam hal merupakan sunnah para Rasul: malu, bijaksana, bekam, siwak, memakai minyak wangi, banyak istri.”
4.      Nabi Muhammad SAW : “Nabi Muhammad SAW bersabda : “Tiga hal wajib (sangat dianjurkan red.) atas setiap muslim : mandi hari jum`at, siwak, menyentuh wewangian”.
5.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Harumkanlah mulut kalian dengan siwak karena sesungguhnya siwak jalanya Al-Qur`an.”
6.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Semoga Allah merahmati umatku yang menyela-nyela rambut dan makanan”. (HR: Qadhai dari Abu Ayub Al-Anshari ra. Dan hadits ini hasan)
7.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Janganlah kalian menyela-nyela gigi dengan kayu as , phpn bunga dan bambu karena bisa menyebabkab gigi rontok.”
8.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Satu shalat dengan siwak itu lebih baik daripada tujuh puluh shalat tanpa siwak”. (HR: Baihaqi dan lainnya, Hakim menshahihkannya)
9.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Jibril selalu mewasiatiku bersiwak sehingga aku khawatir gigi-gigiku rontok”.
10.  Nabi Muhammad SAW bersabda : “Aku diperintahkan bersiwak sehingga aku takut gigi-gigiku rontok”. (HR: Thabarani dari Ibnu Abbas )

lubabul hadits bab ke - 8 : keutamaan adzan



1.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Barang siapa yang adzan selama tujuh tahun karena Allah, maka Allah menetakannay bebas dari neraka”. (HR: Tirmidzi dan Ibmu Majah dari Ibnu Abbas)
2.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Barang siapa adzan 12 th maka wajb baginya surga”. (HR: Ibnu Majah, Hakim dari Ibnu Umar ra.)
3.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Siapa yang adzan lima shalat dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosa-dosa yang sudah terlewat”. (HR: Baihaqi dari Abu Hurairah dengan sanad dhoif)
4.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Tiga orang yang Allah jaga dari siksa kubur: syahid, mu`adzin, dan orang yang wafat pada malam atau hari jum`at”.
5.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Seandainya manusia tahu apa yang ada dalam seruan (adzan) dan shaf awal kemudian mereka tidak bisa mendapatkannya kecuali dengan mengundi, niscaya mereka akan melakukan undian. Seandainya mereka tahu apa yang ada dalam bersegera , niscaya mereka akan bersegera kepadanya. Seandainya mereka tahu apa yang ada dalam shalat isya` dan subuh niscaya mereka akan mendatanginya walaupun dengan merangkak.” (HR: Malik, Ahmad, Bukhari, Muslim dan Abu Dawud dari Abu Hurairah ra.)
6.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Siapa mendengar adzan kemudian mencium kedua ibu jarinya, kemudian meletakkan pada kedua matanya sambil membaca: marhaban bidzikrillahi ta`ala qurratu a`yunina bika ya rasulullaah maka akulah pemberi syafaatnya di hari kiamat dan penutunnya ke surga”.
7.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Jika waktu adzan tiba maka pintu-pintu langit dibuka dan do`a dikabulkan. Jika datang waktu iqamat maka do`anya tidak ditolak.”
8.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Siapa mengucapkan ketika adzan: “Selamat datang orang-orang yang mengucapkan keadilan, selamat datang shalat-shalat dan keluarga” maka Allah menetapkan baginya seribu kebaikan, menghapus seribu kejelekan dan mengangkat seribu derajat”.
9.  Nabi Muhammad SAW bersabda : “Siapa mendengar adzan kemudian tidak mengucap kan seperti yang dikumandangkan mu`adzin, maka dia dihalangi bersujud di hari kiamat ketika para muadzin bersujud”.
10.  Nabi Muhammad SAW bersabda : “Tiga orang dalam naungan arasyi ketika tidak ada naungan kecuali naungan-NYA: pemimpin yang adil, muadzin yang menjaga, dan pembaca Al-Qur`an yang membaca 200 ayat setiap malam”.

lubabul hadits bab ke - 9 : keutamaan shalat berjamaah


1. Pahala shalat berjama`ah itu 25 kali daripada shalat tidak berjama`ah. Seperti maksud hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah dan disebutkan dalam kitab Riyaddhus shalihin
2.   Keutamaan shalat berjamaah dari shalat sendirian adalah 25 derajat. Keutamaan melakasanakan shalat sunnah di rumah dari melaksanakan shalat sunnah di masjid adalah seperti keutamaan shalat berjamaah atas shalat sendirian. Seperti makna hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Sakan dari Dhamrah dari ayahnya, Habib.
3.   Shalat berjamaah melebihi shalat sendirian sebanyak 27 derajat. Seperti makna hadits yang diriwayatkan oleh Malik, Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Nisai dari Ibnu Umar ra.
4.      Shalat yang paling utama di sisi Allah SWT adalah shalat subuh hari jum`at berjamaah. Seperti makna hadits yang diriwayatkan oleh Abu Nuaim dan Thabrani dari Ibnu Umar. 
5.  Barang siapa berjamaah shalat shubuh kemudian duduk seranya mengingat Allah SWT hingga matahari terbit maka hal tersebut merupakan perlindungan dan pembebasan dari api neraka. Shalat seorang lelaki seranya berjamaah melebihi shalaynya sendirian sebanyak 25 derajat.  Apabila ia mengerjakannya di rumah ddi tanah tandus dan menyempurnakan wudhu, rukuk dan sujudnya maka shalatnya mencapai 50 derajat.  Seperti makna hadits yang diriwayatkan oleh Abu Ya`la dan Hakim serta Ibnu Hibban dari Abu Said Al Khudri ra.
6.      Dalam suatu riwayat dijelaskan barang siapa shalat berjamaah 40 hari maka Allah SWT menetapkannya bebas dari api neraka dan bebas dari sifat munafik.
7.      Dalam satu riwayat dijelaskan, arang siapa berjamaah shalat subuh dan asar maka dia akan masuk surga tanpa hisab.
8.      Dalam satu riwayat dijelaskan,  barang siapa menghadiri shalat berjamaah maka Allah SWT menetapkan 10 kebaikan baginya saat berangkat dan kembali, menghapus 10 keburukan dan meningkatkan 10 derajat.
9.      Tiada shalat bagi tetangga masjid terkecuali di dalam masjid. Seperti makna hadits yang diriwayatkan oleh Daruquthni dan Baihaqi dari Jabir dan Abi Hurairah.
10. Dalam satu riwayat dijelaskan, shalat jama`ah itu rahmat dan lebih baik daripada dunia seisinya. Berjama`ah itu rahmat dan perpecahan itu siksa.

lubabul hadits bab ke - 10 : keutamaan Jum'at

1.      Nabi Muhammad SAW bersabda : "Pimpinan hari adalah hari jum`at"
2.      Barang siapa mandi pada hari jum`at maka dihapuslah dosa-dosa dan kesalahannya. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Hakim dari Qatadah ra.
3.      Hari jumat itu ada 24 jam, pada setiap jamnya Allah SWT membebaskan 600.000 orang dari siksa neraka. 
4.      Barang siapa meninggalkan shalat jum`at tanapa  uzur / alasan maka bersedekahlah satu dinar, jika tidak punya maka setengah dinar. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, Nasai, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban dari Samurah bin Jundab ra. 
5.      Barang siapa meninggalkan tiga kali shalat jum`at dengan meremehkannya (tanpa uzur) maka Allah mengunci hatinya. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah dari Al-Ja`du dan sanadnaya hasan.
6.      Barang siapa meninggalkan tiga shalat jum`at tanpa uzur maka dicatatlah ia sebagai orang munafik. Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Thabrani dari Usamah bin Zaid.
7.      Barang siapa meninggal pada hari jum`at atau malam jum`at maka ia akan dibebaskan dari siksa kubur.
8.      Barang siapa berkata "diamlah" disaat imam sedang khutbah atau berbicara atau bermain-main atau memberi isyarat dengan tangan atau kepala maka dia telah berbuat kesia-siaan. Barang siapa berbuat sia-sia maka juma`atnya menjadi sia-sia (tidak sempurna).
9.      Mandi hari jum`at adalah wajib bagi setiap anak yang sudah baligh (maksudnya sangat dianjurkan). Demikian makna hadits yang diriwayatkan oleh Malik, Ahmad, Abu Dawud, Nasa`i dan Ibnu Majah dari Abi Said Al-Khudri.
10. Barang siapa melakukan shalat jum`at maka Allah SWT memberi pahala seratus orang syahid
 
 
 
 
 >>>Bersambung<<<

Artikel Terkait

Categories:

2 comments :

RIZKY ADI PRATAMA said...

mas tolong dong upload terjemah tanqihul qoul

Mas Arif said...

Siap mas