www.arifusan.esy.es. Powered by Blogger.

Thursday 10 November 2016

Setelah tanggal 7 November saya memperingati hari yang sangat bersejarah bagi saya yaitu hari dimana saya untuk pertama kali bisa menghirup udara segar di dunia. Tiga hari setelahnya yakni Setiap tanggal 10 November di Indonesia diperingati sebagai hari pahlawan. Dan pada tahun ini (tahun 2016) hari pahlawan jatuh pada hari kamis (10/11). Lantas bagaimanakah sejarah terjadinya hari pahlawan? Untuk itu mari kita kita pelajari bersama sejarah singkatnya.
 
Hari Pahlawan 10 November 1945 merupakan peringatan tahunan untuk memperingati pertempuran di Surabaya, dimana pasukan-pasukan pro kemerdekaan Indonesia bersama para milisi bertempur melawan pasukan Inggris dan Belanda sebagai bagian dari Revolusi Nasional Indonesia. Hal yang melatarbelakangi kejadian 10 November tersebut adalah karena peristiwa yang terjadi di hotel Yamato Surabaya. Adalah Mr Ploegman yang merupakan pimpinan masyarakat Belanda secara sengaja telah mengibarkan bendera Belanda di pucuk gedung hotel Yamato pada tanggal 19 September 1945. Hal itu yang akhirnya menyebabkan tentara milisi Indonesia murka, mereka menghabisi pasukan gabungan kecil milik Belanda dan Jepang demi merobek bagian biru dari bendera Belanda tersebut.

Gencatan senjata antara pihak Indonesia dengan pihak Belanda pun tak terhindarkan. Akan tetapi setelah ketegangan berhasil diredam, kedua belah pihak pun akhirnya setuju untuk membuat perjanjian pada tanggal 29 Oktober. Meski perjanjian perdamaian telah ditandatangaini, namun tetap saja bentrokan antara pasukan Inggris dan Indonesia tak dapat dihindarkan. Bentrok yang terjadi tersebut mengalami puncak saat Jendral Mallaby yang merupakan tentara Inggris yang memimpin untuk Jawa Timur dikabarkan terbunuh pada 30 Oktober 1945.

Artikel Terkait

Categories:

2 comments :

Anonymous said...

mantab banget (y)

Anonymous said...

selamat hari pahlawan 10 Nopember